Standard Untuk Lapangan Sepakbola Menurut FIFA

Standard Untuk Lapangan Sepakbola Menurut FIFA

Kompihub.com – Karena kepopulerannya yang tinggi, terhitung di Indonesia, banyak orang menggeluti bisnis sewa lapangan untuk sepak bola. Akan tetapi, tak jarang ukuran lapangan sepak bola yang dibikin tidak sesuai bersama peraturan. Padahal, mengenai ukuran lapangan, telah diatur sedemikian rupa. Ukuran lapangan sepak bola diatur dua standar, yaitu FIFA dan federasi tiap tiap negara. Secara sederhana, sepak bola dimainkan di atas lapangan rumput oleh dua tim yang masing-masing terdiri atas sebelas orang.

Lapangan-Sepak-Bola

Tiap tim berusaha memasukkan bola ke gawang lawan. Tim yang paling banyak mencetak gol dalam durasi spesifik dinobatkan sebagai pemenang. Meski kelihatan sederhana, sepak bola profesional memiliki berbagai aturan baku, menjadi berasal dari teknis pertandingan sampai ukuran lapangan. Standar ukuran lapangan sepak bola yang seharusnya, bergantung organisasi yang menetapkan. Ada dua standar dalam ukuran lapangan sepakbola. Yang pertama adalah, lapangan berstandar nasional serta yang ke-2 merupakan berstandar internasional sesuai dengan ketentuan yang ada.

Untuk ukuran lapangan sepakbola berstandar nasional, ukuran panjangnya mesti ada di antara 90-120 mtr. bersama lebar 45-90 m. Lalu, lingkaran sedang lapangan memiliki radius 9,15 m. Kemudian, untuk ukuran kotak kiper berstandar nasional mesti memiliki luas 18,3 x 5,5 m.

Sementara kotak penalti musti seluas 40,3 x16,5 m. Sedangkan untuk mencukupi standar lapangan sepakbola, lapangan sepakbola mesti memanjang seluas 100 x 110 m dan lebar 64-75 m. Diikuti bersama lingkaran sedang bersama radius 9,15 m. Selanjutnya, panjang kotak penalti standar internasional adalah 40 m. Lalu, lebar kotak penaltinya mesti 16,5 m. Lapangan sepakbola kebanyakan berupa lapangan rumput alami. Akan tetapi, ada terhitung lapangan sepakbola yang memanfaatkan rumput sintetis bersama tinggi rumput kira-kira 25-30 milimeter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

Masing-masing garis yang berhadap-hadapan mesti memiliki panjang yang sama. Dua garis sentuh diatur untuk memiliki ukuran panjang minimal 100 mtr. (110 yard) dan panjang maksimal 110 mtr. (120 yard). Sedangkan untuk garis gawang diatur untuk memiliki ukuran panjang minimal 64 mtr. (70 yard) dan panjang maksimal 75 mtr. (80 yard). Di tiap tiap sudut lapangan yang mempertemukan antara garis sentuh dan garis gawang sepakbola dibatasi oleh bendera sudut. Namun, sejak tahun 2008 Internasional Football Association Board atau IFAB mengakibatkan aturan untuk menyeragamkan ukuran lapangan sepakbola untuk pertandingan internasional menjadi 105 mtr. untuk garis sentuh dan 68 mtr. untuk garis gawang.

Gawang (goal) ditempatkan tepat berada ditengah garis gawang yang terdiri berasal dari dua tiang tegak lurus dan disatukan pada anggota atasnya oleh palang horizontal. Jarak tiang gawang bersama sudut lapangan mesti sama, anggota dalam antara dua tiang berikut terhitung mesti terpisah sejauh 7,32 mtr. (8 yard), dan tinggi tiang horizontal anggota dalam mesti berjarak 2,44 mtr. (8 feet) berasal dari permukaan tanah.

Area Gawang (goal area) adalah daerah berupa persegi panjang yang berada didepan gawang bersama ukuran panjang 18,3 mtr. Serta lebar 5,5 meter. Di luarnya terkandung daerah yang berupa persegi panjang terhitung dan disebut Area Pinalti (penalty area). Area Pinalti memiliki ukuran panjang 40,3 mtr. dan lebar 16,5 meter. Ditengah Area Pinalti gawang wajib terkandung Titik Pinalti yang terdapat 11 mtr. berasal dari dengah garis gawang dan memiliki diameter lingkaran 9,15 meter.

Ukuran Gawang Lapangan Sepakbola Yang Sesuai Standart

Untuk ukuran jaring banyak ragam yang penting kuat dan tahan pada tendangan bola yang masuk, namun yang utama adalah memasangnya yang mesti diperhatikan supaya tidak mengganggu kiper dan pemain, tidak cuman itu bola yang masuk kedalam gawang tidak boleh lewat jaring gawang. Berikut teliti bahan dan ukuran jaring yang umum digunakan.

  1. Diameter : 4 mm.
  2. Panjang : 7,2 meter.
  3. Tinggi 2,4 meter.
  4. Lubang 14 x 14 cm.
  5. Kedalaman 150 cm.
  6. Bahan : HDPE.
  7. Warna : Putih.

Jenis Rumput Lapangan Sepakbola Yang Sesuai Standart

Dalam pertandingan sepakbola, terkandung lebih dari satu style rumput yang digunakan secara khusus, dalam pengaplikasiannya rumput ini dikombinasi bersama rumput sintesis bersama teknologi terbarukan, berikut ini jenisnya.

Zoysia matrella (ZM)

Merupakan style rumput terbaik dibanding dua style lainnya, warna hijau yang dimiliki sangan bagus, akar yang kuat dan kelenturan telah sesuai supaya bola bisa melaju bersama baik.

Cynodon dactylon (CD)

Merupakan style rumput terbaik kedua, kelemahannya dibanding ZM adalah akarnya yang kurang kuat.

Axonopus compressus (AC)

Merupakan style rumput Gajah yang sering kita jumpai di pekarangan kosong atau alun-alun kota. Kelemahan style rumput ini adalah daun yang lebih lebar, supaya membuatnya ringan rusak karena terkena pul sepatu.