Alat Penting Dalam Permainan Olahraga Bola Kasti

Pada artikel kali ini akan membahas tentang alat dan peralatan olahraga bola kasti beserta dengan penjelasannya. Permainan bola kasti adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu yaitu regu penjaga dan regu pemukul. Masing-masing regunya terdiri dari 12 orang. Untuk bisa bermain kasti dengan baik, seorang pemain harus menguasai teknik memukul, melempar, dan menangkap bola kasti.

Permainan ini bisa dimainkan di berbagai lokasi selama ada lapangan yang luas. Selain menyehatkan untuk tubuh karena memicu kita untuk bergerak, bermain kasti juga bisa melatih kekompakan, ketangkasan dan kedisiplinan para pemain. Permainan bola kasti memang sekilas mirip dengan baseball ataupun softball, tapi memiliki peraturan yang sedikit berbeda. Pada permainan bola kasti, ukuran bola yang digunakan serta cara mendapatkan nilainya berbeda dari kedua permainan tersebut.

 

olahraga bola kasti

 

Beberapa Alat Olahraga Bola Kasti

Ada beberapa lokasi dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan sebelum Anda bermain bola kasti, yaitu:

1. Lapangan

Lapangan yang digunakan untuk bermain bola kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60-70 meter dan lebar 30 meter.

Dalam lapangan tersebut, harus ada masing-masing 1 ruang untuk penjaga, pemukul, pelambung, dan ruang bebas. Sementara itu, di tengah lapangan harus ada tiga titik yang akan dijadikan sebagai tempat menancapnya 2 tiang hinggap dan 1 tiang pertolongan.

2. Bola

Bola yang boleh kalian gunakan dalam permainan kasti terbuat dari karet atau kulit dengan ukuran lingkarannya 19-20 cm. Berat bola kasti yang rekomendasikan adalah 70-80 gram.

3. Tongkat pemukul

Tongkat pemukul terbuat dari kayu dengan panjang antara 50-60 cm. Penampang tongkat berbentuk oval dan lebarnya sebaiknya tidak lebih dari 5 cm dan tebal 3,5 cm. Sementara itu, panjang pegangan tongkat pemukul dalam permainan kasti adalah 15-20 cm dengan tebal 3 cm dan tidak boleh terbalut.

4. Tiang hinggap

Dalam permainan bola kasti, ada dua jenis tiang yang gunakan, yaitu tiang pertolongan dan tiang bebas atau tiang hinggap.
Kedua jenis tiang ini bisa terbuat dari kayu, besi, atau bambu. Tiang tersebut harus kalian tancapkan dengan baik ke tanah atau lapangan dan memiliki tinggi setidaknya 1,5 m atas tanah.

5. Bendera

Bendera bukanlah perlengkapan wajib. Namun jika Anda ingin memasang bendera tiap tiangnya, maka warnanya pada setiap jenis tiang harus bedakan. Misalnya, warna bendera pada tiang hinggap berbeda dari yang pasang pada tiang pertolongan. Ukuran bendera juga tidak boleh lebih dari 0,5 m.

Manfaat Olahraga Bola Kasti

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari permainan bola kasti, seperti:

Menyehatkan tubuh karena saat bermain kasti, kita akan berlari dan bergerak sehingga melatih banyak organ tubuh

Meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman

Meningkatkan kedisiplinan dengan mengetahui dan menerapkan peraturan permainan

Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi

Menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik

Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain

Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas

Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam
aktivitas suatu permainan