Daftar Agama Tertua di Dunia Sebelum Islam dan Kristen

Daftar Agama Tertua di Dunia Sebelum Islam dan Kristen

kompihub.com – Meskipun beberapa Agama Tertua mengklaim memiliki ajaran yang berasal dari awal waktu, praktik dan kepercayaan spiritual telah muncul, bertahan dan bahkan ada yang memudar sejak zaman kekaisaran. Beberapa gerakan keagamaan besar telah hilang dari sejarah, tetapi beberapa agama kuno masih dipraktikkan hingga saat ini.

Penting untuk diperhatikan, Bela, bahwa meskipun beberapa dari agama berikut dapat secara pasti melacak asal-usulnya, secara keseluruhan, sulit untuk mengetahui kapan sebagian besar agama benar-benar muncul dan tanggal tepatnya, karena bervariasi bergantung pada rujukan terjemahannya.

Agama itu sendiri adalah sebuah bentuk kepercayaan yang dimiliki manusia dan erat kaitannya dengan tatanan, ajaran, atau perintah dalam menjalani kehidupan. Itulah sebabnya manusia pada hakikatnya selalu membutuhkan pedoman hidup, jadi wajar saja jika manusia dari zaman dahulu pun sudah memeluk agama sejak ribuan tahun yang lalu.

Belajar dan mengenali agama lain selain yang kita percayai adalah cara bijak bagi manusia untuk semakin memperdalam keyakinan beragama kita. Itulah sebabnya sobat kompihub tidak ada salahnya mencoba mengenal atau belajar sejarah agama tertua di dunia untuk menambah pengetahuan seperti berikut ini:

1. Hindu (Sekitar 7.000 SM)

Negara atau wilayah asal: Lembah Sungai Indus (Pakistan Modern)

Hindu sering dianggap sebagai agama tertua yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Meskipun ada yang menganggap Brahmanisme merupakan pendahulu Hindu, namun di antara penganut Hindu—terutama di India—Brahmanisme umumnya dipandang sebagai bagian dari tradisi mereka, ketimbang sebagai agama yang terpisah.

Hal ini mungkin benar, penting untuk diperhatikan bahwa Hinduisme tidak memiliki pendiri atau teks tunggal, tetapi menggabungkan beberapa tradisi dan kepercayaan kuno. Kitab suci tertua agama Hindu adalah Rig Veda, yang diyakini berumur sekitar 3.500 tahun. Namun, para arkeolog telah menemukan motif banteng dan sapi, yang merupakan hewan suci dalam agama Hindu, berasal dari sekitar 7.000 SM pada masa ketika peradaban kuno menghuni daerah dekat Sungai Indus.

2. Yahudi (6000 SM)

Yahudi adalah cikal bakal dari munculnya agama samawi, yakni agama Kristen dan Islam yang sekarang penganutnya menjadi tersebar di berbagai penjuru dunia. Penganut agama ini banyak menetap di Israel yang merupakan wilayah kepercayaan ini pertama kali diciptakan.

Sekarang kurang lebih 18 juta manusia telah memeluk agama ini. Selain itu sejarah agama ini cukup tidak asing bagi penganut agama Kristen dan Islam saat ini, yakni dibawa oleh Nabi Musa yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan pemerintahan Mesir.

Yudaisme adalah yang agama tertua dari tiga agama monoteistik Abraham (Ibrahim), yakni dari dua agama lainnya adalah Kristen dan Islam. Ajaran agama Yahudi ini dipercaya dibawa oleh Nabi Musa, yang merupakan keturunan Nabi Ibrahim, yakni nenek moyang orang Yahudi. Kitab agama Yahudi adalah Taurat yang juga dikenal dengan sebutan Tanakh atau Alkitab Ibrani.

3. Zoroastrianisme (Sekitar 1.500 SM)

Meskipun Zoroastrianisme secara resmi didirikan pada abad ke-6 SM oleh nabi dan pembaharu Zoroaster, melalui bukti arkeologis, akar agama tersebut mungkin berasal antara 1.200 – 1.500 SM. Pada satu titik dalam sejarah, Zoroastrianisme adalah salah satu agama paling kuat di dunia dan menjadi agama resmi Persia dari 600 SM hingga 650 SM. Zoroastrian percaya pada satu Tuhan yang disebut Ahura Mazda dan bertentangan dengan kepercayaan populer, mereka bukanlah penyembah api. Mereka percaya bahwa api mewakili cahaya atau kebijaksanaan Tuhan.