Daftar Orang – Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Peradaban Manusia

kompihub.com – Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana keadaan dunia ini berabad-abad yang lalu? Seperti yang sudah banyak diceritakan, dunia tempat tinggal kita saat ini sudah banyak melewati proses peradaban dan evolusi manusia, mulai dari zaman purba hingga ke zaman ketika para tokoh dunia mulai melakukan penelitian dan penemuan.

Meski tidak langsung bisa terbukti, beberapa temuan-temuan tersebut tanpa disadari telah banyak berdampak positif bagi kehidupan manusia saat ini. Setelah melalui proses yang panjang, tercatat ada 100 nama tokoh yang dianggap sebagai Tokoh Berpengaruh di Dunia, dinilai dari peran dan dedikasinya pada berbagai macam hal.

Namun, tokoh dunia mana saja yang dapat dikatakan paling berpengaruh? Melansir dari wmich.edu, A&E asal Amerika Serikat melibatkan setidaknya 360 jurnalis, ilmuwan hingga pakar teologi untuk mengurut 100 nama tokoh dunia yang dianggap paling berpengaruh. Siapa saja?

Berikut adalah daftar nama tokoh dunia paling berpengaruh:

1. Johannes Gutenberg

Pada 1440-an, mesin cetak memang telah ada. Terbukti dari beragam bentuk pencetakan yang sangat sederhana yang dapat ditemukan di Tingkok maupun Korea pada sekitar 175 AD. Namun, Johannes Gutenber tampaknya terinspirasi untuk memodifikasi alat cetak yang lebih baik.

Bahkan, Beliau tercatat telah menciptakan begitu banyak jenis mesin cetak seperti, mesin print yang moveable berbasis tinta, serta cetakan yang dapat disesuaikan dengan baik. Ia pun disebut sebagai ‘the father of a printing revolution’ dan hasil karya cetak pertamanya disebut ‘gutenberg bible.’

2. Isaac Newton

Dikenal Atas: Menemukan hukum gerak Newton, mekanika Newton, dan lainnya. Jika Isaac Newton tidak pernah menemukan ilmu Matematika dan Fisika, kita semua mungkin tidak akan pernah bisa memahami alasan mengapa benda-benda bisa jatuh ke bawah, dan berbagai fenomena kehidupan lainnya.

Semasa hidupnya, Isaac Newton banyak memperkenalkan teori dan hukum seperti hukum gerak Newton, mekanika Newton, gaya gravitasi, kalkulus, deret binomial, metode Newton, dan masih banyak lagi. Berbagai hasil penemuan tersebut benar-benar terbukti bermanfaat sampai hari ini, berkat kontribusinya terutama pada dunia Sains, Isaac Netwon kemudian banyak dikenal sebagai ‘Bapak Ilmu Fisika klasik’.

3. Charles Darwin

Berbicara mengenai evolusi maupun peradaban manusia, nama Charles Darwin cukup dikenal sebagai salah satu tokoh dunia yang memiliki kontribusi terhadap teori terkait. Dalam teorinya, Beliau mengemukakan bahwa semua spesies pada hakikatnya berasal dari nenek moyang bersama dan berkembang dari waktu ke waktu.

Secara spesifik, teori evolusi yang dikemukakannya dijelaskan dengan beragam bukti dalam bukunya yang berjudul On the Origin of Species (1859). Lebih lanjut lagi, Charles Darwin menjelaskan evolusi manusia dan seleksi seksual dalam The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex (1871) dan The Expression of the Emotions in Man and Animals (1871).