Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Website yang Membayar Penulis

4 min read

Website yang Membayar Penulis dengan Mahal

Website yang Membayar Penulis dengan Mahal

Jaman sekarang mencari tambahan penghasilan bukanlah lagi hal yang sulit. Apa lagi kalau kamu hobi menulis.

Sekarang ada banyak sekali website yang membayar penulis, bahkan sampai banyak yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama.

Situs Yang Membayar Penulis Online Hingga Jutaan

Berikut website untuk penulis online yang berani membayar tulisan hingga jutaan rupiah:

1. Freelancer

Website yang Membayar Tulisan Penulis Freelancer

Kalau kamu ingin beralih karir sebagai seorang freelancer di bidang writing, situs Freelancer menjadi salah satu website yang bisa kamu andalkan.

Sama seperti situs pencari kerja seperti LinkedIn, situs ini fokus pada freelancing dengan berbagai skills terutama menulis.

Di sini, ada banyak sekali klien yang bisa ditemui mulai dari perusahaan hingga perseorangan.

Di situs ini, kamu bisa menunjukkan kualitas kamu dengan mengikuti sejumlah tes dasar seperti kemampuan bahasa Inggris, atau hal mendasar seperti blogging.

Meski begitu, untuk mengikuti tes ini, kamu harus membayar. Tapi hal ini sangat setimpal dengan kredibilitas yang bagus kalau sampai lolos.

Yang pasti, klien lebih suka kalau writer memiliki skill yang bisa dibuktikan.

Di situs ini, mendapatkan klien lokal atau luar negeri akan jadi lebih mudah karena situs ini menawarkan berbagai metode pembayaran seperti Paypal, wired transfer, atau Payoneer dan dompet digital yang bisa Anda withdraw dari bank personal Anda.

2. Klikmania

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Klikmania

Mungkin banyak yang belum tahu situs yang satu ini. Namun jangan salah, situs yang membahas banyak topik satu ini membayar tulisan penulisnya.

Kebetulan saya pernah menjadi kontributor dengan mempublish sekitar 100-an artikel. Situs ini akan membayar penulisnya berdasarkan jumlah kata yang ditulis, misal setiap 1000 kata dihargai Rp 30.000.

Lumayan banget kan?

Tapi memang, artikelnya harus berkualitas dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

Kalau tidak sesuai, maka artikel akan ditahan atau dibiarkan begitu saja.

Satu kelebihan lagi di Klikmania, kita bisa bisa langsung menulis di dashboard dan publikasikan. Nanti artikel akan direview lebih dulu oleh editor dengan durasi (biasanya) tidak sampai seminggu.

Klikmania menjadi salah satu situs yang membayar artikel dibayar rupiah dengan sangat baik.

Apalagi topik yang bertema teknologi, bisnis, dan berita viral, biasanya akan lebih cepat dikonfirmasi.

3. Fiverr

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Fiverr

Situs ini juga merupakan salah satu situs freelancer terbesar yang memungkinkan penulis mendapatkan penghasilan dari sini. Sama seperti Freelancer, kamu bisa mendapatkan klien lokal atau internasional.

Tinggal pintar-pintar kamu memoles profile dan membuktikan kredibilitas kamu sebagai penulis. Cara kerja Fiverr ini yakni sebagai media antara klien dengan penulis.

Mereka akan menampung dana dari klien dan kemudian akan memberikan bayaran setelah project benar-benar selesai.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir di-ghosting oleh klien karena dipastikan Fiverr berperan sebagai jembatan.

Yang pasti, situs ini akan menarik $1 untuk setiap $5 yang kamu buat, atau sekitar 20%. kamu bisa menggunakan platform ini gratis tapi kamu bisa memanfaatkan fitur iklan sehingga kamu bisa menjangkau klien lebih banyak.

4. Kontenesia

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Kontenesia

Kontenesia merupakan salah satu website ternama di Indonesia. Tulisannya memang mengedepankan kualitas.

Maka tidak heran kalau penulis yang masuk  situs ini harus melewati persaingan yang cukup ketat.

Bila kamu punya skill yang bagus dan yakin dengan kualitas tulisan, maka tidak perlu khawatir. Website ini menyediakan berbagai jenis kategori untuk tulisan mulai dari startup, copywriting, blog, hingga penerjemahan.

Bila kamu bergabung di sini, semua tulisan yang kamu buat akan dikoreksi oleh editor.

5. Jalan Tikus

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Jalantikus

JalanTikus.com merupakan situs yang membayar tulisan penulis dengan bayaran cukup mahal.

Situs ini umumnya membahas seputar internet, teknologi dan gaming. Di sini, siapa saja untuk menjadi kontributor.

Asalkan tulisannya bagus dan memenuhi st kamur, maka berhak dipublikasikan dan diberi komisi.

Besaran komisi yang didapat bervariasi.

Namun setiap artikel yang diposting akan diberi komisi sebesar Rp 50.000 dan jika artikelnya viral maka akan diberi komisi tambahan.

Meski begitu, kekurangan menulis di Jalan Tikus yaitu proses review-nya yang cukup lama. Selain itu, kualitas artikel dan gambarnya juga harus diperhatikan baik-baik.

6. IDN Times

Website yang Membayar Tulisan Penulis - IDN TIMES

Situs ini sudah sejak lama populer dan kini menawarkan komisi bagi para penikmat tulisan IDN Times yang ingin berkontribusi.

Karena situs ini ditujukan untuk para generasi milenial, maka tidak heran kalau tulisannya di sana cenderung lebih menggunakan bahasa anak muda.

Untuk mendapatkan bayaran dari situs ini kamu harus menjadi top writer dulu dengan cara membuat konten viral dan rajin posting.

Setelah itu, viewer akan dikonversikan menjadi poin dan poin inilah yang bisa ditukar dengan uang.

Nah, untuk setiap 100 view akan dihargai 1 poin. kamu harus mengumpulkan sampai 500 poin untuk bisa menukarkannya dengan uang tunai. Dan ini berlaku kelipatan.

7. Journalism Jobs

Website yang Membayar Tulisan Penulis - JournalismJobs

Website ini menawarkan komisi untuk para penulis yang mau menyumbangkan artikel. Bila kamu suka bidang jurnalistik dan ingin mencari batu loncatan, situs ini bisa kamu coba.

Tidak hanya jusnalistik saja, ada beberapa kategori yang berkaitan dengan bidang tulis menulis seperti iklan copywriting dan editing. Umumnya, pekerjaan yang dikirimkan sudah diberi spesifikasi tertentu termasuk lokasinya.

Walau Begitu, tetap saja ini bergantung pada klien.

8. Mojok

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Mojok

Website ini belakangan sangat populer dikalangan pembaca karena mengulas tentang hal-hal ringan, remeh-temeh dan menggelitik.

Yang unik dari artikel-artikel Mojok adalah mereka membicarakan hal keseharian an budaya masyarakat Indonesia yag notabene sedikit berbau satir.

Artikel-artikel Mojok memiliki kedekatan yang erat dengan pembacanya, jadi tidak heran bila website ini memiliki pengunjung yang besar.

Beruntungnya, website Mojok juga menawarkan komisi bagi siapapun yang ingin mengiriman hasil tulisan. kamu bisa mengirimkan hasil gagasan kamu ke redaksi. Tidak banyak, cukup 600-1000 kata saja.

Tulisan yang disukai website Mojok ini antara lain:

  • Esai – Bertema apa saja, dan umumnya membicarakan isu menarik yang sedang hangat. Bila kamu perlu menuliskan ini, kamu bisa menuangkan gagasan di dalam artikel dan mengirimkannya ke tim redaksi.
  • Konter – Rubrik ini dipublikasikan seminggu sekali. Umumnya membahas seputar dunia tekonologi, dan gadget. kamu bisa juga membahas review gadget seperti hp, laptop atau game console.
  • Sungguh-sungguh Liputan – Ini berisi seputar hal-hal nyeleneh, biasanya seputar gaya hidup anak muda. Artikel ini diyatangkan setiap Senin.
  • Malam Jumat – Sama seperti beberapa rubrik, untuk kategori ini tayang seminggu sekali. Seperti kategorinya, tema yang diusung berisi pengalaman seram dan seputar mistis.
  • Otomojok – Rubrik ini tayang seminggu sekali dan membahas seputar dunia otomotif dan review kendaraan.
  • Rerasan – Inilah yang paling menarik dari Mojok. Mereka menawarkan rubrik esai dalam bahasa Jawa. Artikel ini tayang seminggu sekali.

Nah, bila kamu tertarik, kamu bisa mengirimkan ke tim redaksi Mojok dan penuhi persyaratan yang diminta, termasuk melampirkan nomer rekening, KTP dan NPWP.

Bila artikel lolos seleksi, mereka akan menghubungi kamu. Sayangnya, redaksi Mojok tidak menampilkan jumlah komisi yang dicairkan.

Harusnya dengan pengunjung yang banyak, Mojok bisa memberikan komisi yang lumayan.

9. UC News

Website yang Membayar Tulisan Penulis - UC NEWS

UC News menawarkan komisi kepada penulis bila artikel yang dimuat mengandung iklan.

Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan karena penulis punya kesempatan untuk menerapkan strategi jenis artikel yang berpotensi mendatangkan iklan.

kamu bisa saja mencari-cari tema yang bisa berhubungan dengan produk tertentu. Misalnya hal-hal yang berkaitan dengan teknologi atau kuliner.

Nah, bagaimana dengan waktu moderasinya? Tidak  terlalu lama! kamu hanya membutuhkan sekitar 24 jam apakah artikel layak publish atau tidak.

Yang menarik, kamu tidak memiliki batasan berapa artikel yang bisa dikirimkan.

10. Babe

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Babe

Babe merupakan portal berita yang bisa kamu akses melalui smartphone. Media ini memuat berbagai isu mulai dari politik hingga gaya hidup.

Nah, karena portal berita ini memilik banyak peminat, sekarang mereka menawarkan komisi untuk para kontributornya.

Kategori yang memungkinkan penulis mendapatkan komisi yaitu Islam, hiburan dan politik.

Nah, bila kamu jago dalam mengolah tema ini, kamu bisa mencoba.

Untuk tulisan yang berhasil terbit, mereka memberikan fee setidaknya Rp. 50.000.

11. Vebma

Website yang Membayar Tulisan Penulis - Vebma

Vebma merupakan situs yang benar-benar membayar tulisan dari penulis. Sayangnya, jumlah tiap post yang terbit tidak terlalu besar komisinya.

Umumnya, tiap post yang terbit akan diberi Rp 1000. Jadi, mungkin ini dijadikan sebagai opsi terakhir saja dan fokus ke kuantitas artikel.

Makin banyak artikel terbit, makin banyak pula komisinya. Kalau ini dijadikan sebagai pekerjaan sampingan tentu kurang cocok, kalau sekadar untuk hobi maka lebih baik dicoba.

Baca juga: Cara Menulis di Vebma

Itulah sejumlah website yang memberikan kamu peluang mendapatkan komisi dari hanya menulis. Kalau kamu suka menuangkan gagasan, tentunya ini bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan. Mana yang lebih enak ketimbang dibayar untuk hal yang disukai?

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Arti Repost

Asrur Rifa
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *