Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Pengertian GUI

1 min read

Pengertian GUI, Fungsi GUI Kelebihan dan kekurangan GUI

Pengertian GUI, Fungsi GUI Kelebihan dan kekurangan GUI

GUI merupakan salah satu antarmuka yang digunakan pada sistem operasi untuk berinteraksi antara pengguna dengan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

Antarmuka GUI sangat mengandalkan visual untuk memudahkan penggunanya dalam menjalankan berbagai tugas.

Pengguna bisa melakukan banyak hal berkat keberadaan antarmuka ini.

Hal-hal penting yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat modern, terkadang sangat bergantung pada antarmuka GUI.

Masalah pekerjaan, pembelajaran, hiburan, dan jejaring menjadi lebih mudah karena kita bisa menggunakan perangkat elektronik yang memiliki visual dan grafis.

Tidak bisa dibayangkan jika komputer yang ada saat ini, hanya berisi teks perintah saja tanpa ada sentuhan gambar sama sekali.

Dalam berbagai aspek, kita tentu akan sulit mengalami perkembangan.

Kita tidak bisa berkomunikasi tatap muka, tidak bisa lihat video streaming, tidak bisa mendesain produk, sulit mencari informasi, dan lain sebagainya.

Karena besar pengaruhnya, terlepas dari dampak negatif dan positif yang ditimbulkannya, GUI perlu kita pelajari lebih lanjut.

Mari kenali GUI (Graphical User Interface) mulai dari pengertian, sejarah, fungsi, manfaat, tujuan, serta kelebihan dan kekurangan GUI.

Pengertian GUI (Graphical User Interface)

GUI (Graphical User Interface) adalah antarmuka pada sistem operasi yang menghubungkan antara pengguna dan perangkat elektronik menggunakan bantuan visual grafis (bukan teks perintah).

Karena berbasis grafis, maka antarmuka ini banyak menggunakan gambar, simbol, dan ikon-ikon yang akan mempermudah pengguna dalam menjalankan perintah.

Pengguna bisa melakukan perintah secara langsung pada program yang ingin dijalankan menggunakan piranti masukan seperti mouse dan keyboard.

Bahkan di zaman sekarang pengguna sudah bisa menggunakan antarmuka GUI dengan layar sentuh.

Dengan menggunakan GUI, seorang pengguna bisa melakukan beragam aktivitas yang mengandalkan tampilan visual seperti menonton video, mendesain grafis, menulis laporan, dan lain sebagainya.

Fungsi GUI

Membantu pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem operasi komputer sehingga bisa menjalankan berbagai perintah.

Sejarah GUI

GUI merupakan salah satu teknologi yang dibuat dan di teliti sejak lama, akan tetapi publik baru menikmatinya di awal tahun 1980an. Penggunaan dari teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menggantikan sistem yang lama yang sering disebut dengan CLI.

CLI atau Command Line Interface merupakan sebuah teknologi yang dibangun untuk memperbolehkan user memberikan perintah pada komputer dalam bentuk bahasa pemrograman. Dengan menggunakan CLI ini, inputan yang bisa diterima oleh komputer berasal dari keyboard saja.

Tujuan GUI

Manfaat GUI

Baca juga: Perbedaan GUI dan CLI : Mana yang Lebih Baik?

Itulah penjelasan mengenai pengertian GUI, sejarah, fungsi, tujuan, manfaat serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Pengertian CLI

Asrur Rifa
1 min read

Perbedaan GUI dan CLI

Asrur Rifa
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *