Olahraga

Rekomendasi Olahraga Aman Untuk Penderita Osteoarthritis

Rekomendasi Olahraga Aman Untuk Penderita Osteoarthritis

Pada artikel kali ini akan membahas tentang rekomendasi olahraga aman untuk penderita osteoarthritis. Osteoarthritis adalah salah satu jenis penyakit radang sendi yang tergolong kronis dan progresif. Penyakit ini terjadi saat tulang rawan terkikis sehingga tak bisa lagi melindungi dua ujung tulang saat bertemu pada persendian. Nah, salah satu metode pengobatan untuk penyakit ini adalah dengan rutin berolahraga. Namun, Anda tak bisa melakukan sembarang olahraga untuk mengatasi kondisi tersebut.

Olahraga yang cocok untuk pengidap pengapuran tulang antara lain berenang, sepeda statis, yoga dan pilates. Olahraga tersebut akan merupakan jenis latihan peregangan, penguatan, dan keseimbangan yang akan membantu mengurangi tekanan pada sendi sehingga minim rasa nyeri.

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap Osteoarthritis

Sebelum berolahraga, pastikan dokter sudah memperbolehkan Anda untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa olahraga untuk penderita osteoarthritis pada lutut yang bisa Anda lakukan.

1. Latihan peregangan

Latihan peregangan atau dikenal juga sebagai latihan rentang gerakan atau fleksibilitas merupakan salah satu jenis olahraga untuk pengapuran tulang yang dapat Anda pilih. Gerakan pada latihan rentang gerakan melibatkan pembengkokan dan pelurusan sendi senyaman mungkin.

Latihan ini bermanfaat untuk menjaga persendian agar tetap fleksibel dan mengurangi risiko kehilangan mobilitas pada pengidap pengapuran tulang. Pasalnya, jika persendian tidak digerakkan secara rutin maka seiring waktu hal ini akan membuatnya menjadi lebih kaku dan nyeri. Contoh olahraga untuk pengapuran tulang yang termasuk dalam peregangan adalah yoga.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu contoh olahraga aerobik air yang bisa Anda lakukan. Journal of Rheumatology menyebutkan berenang bisa mengurangi nyeri dan kekakuan sendi terkait osteoarthritis. Oleh sebab itu, cobalah untuk rutin melakukan olahraga air ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Latihan penguatan

Latihan penguatan termasuk dalam jenis olahraga yang baik untuk pengapuran tulang karena dapat membantu menjaga kekuatan otot-otot di sekitar persendian. Ini bermanfaat menjaga kestabilan sendi dan dapat mengurangi rasa sakit pada persendian dan juga jaringan di sekitarnya. Contoh latihan penguatan antara lain adalah pilates. Lakukan latihan penguatan dengan perlahan dan bertahap secara hati-hati.

4. Sepeda statis

Olahraga yang tepat untuk penderita osteoarthritis berikutnya adalah menggunakan sepeda statis. Kursi pada sepeda statis dapat membantu mengurangi beban tubuh Anda. Sementara itu, gerakan melingkar dari pedal dapat mengurangi risiko nyeri lutut. Selama berolahraga jangan lupa untuk meningkatkan intensitas latihan dengan mengatur resistensi pada pedal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Latihan kebugaran

Latihan kebugaran atau dikenal juga sebagai latihan aerobik merupakan bagian penting olahraga untuk pengapuran tulang. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan jangkauan gerakan persendian. Selain itu latihan aerobik juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Contoh latihan aerobik adalah bersepeda atau berenang.

admin

Recent Posts

Rupiah VS Dolar AS, Mengintip Lajur Hari Ini

Kompihub - Rupiah vs Dolar. Nilai tukar rupiah menguat ke Rp14.913 per dolar AS pada…

12 bulan ago

Peringatan 25 Tahun Reformasi Nasional

Tahun ini merupakan peringatan ke-25 tahun reformasi nasional. Peringatan Hari Reformasi Nasional pada 21 Mei…

12 bulan ago

Wisata Lembah Purba Sukabumi, Jembatan Terpanjang Se Asia 414 Meter

Wisata Lembah Purba, Sukabumi, Jawabarat belakangan ini viral pada perbincangan media sosial karena memiliki beberapa…

12 bulan ago

Bitcoin Pengurangan Imbalan Bagi Penambang 2024? Halving Bitcoin 2024

Industri kripto tak lama lagi akan ada event Halving Bitcoin yang akan terjadi pada 2024.…

12 bulan ago

Thomas Alva Edison, Sejarah dan Penemuanya

Kompihub - Tokoh penemu arus listrik adalah Thomas Alva Edison, dirinya adalah seorang pengusaha yang…

12 bulan ago

Kasus Narkoba ‘Zombie’ AS Naik Lebih dari 1.000 Persen! Efeknya Seserius Ini

Obat penenang khusus hewan yakni xylazine belakangan banyak pengguna yang menggunakan narkoba tersebut di Amerika…

12 bulan ago