Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Mengecilkan File Word

3 min read

Cara Mengecilkan File Word

Cara Mengecilkan File Word

Cara mengecilkan file word pasti bisa dicari. Ini sangat wajar mengingat setiap produk keluaran microsoft office pasti banyak digunakan masyarakat. Produk yang dimaksud sendiri tidak hanya word. Excel, power point, maupun access memiliki pengguna dalam jumlah banyak. Terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa seseorang mengecilkan ukuran file word.

Alasan pertama adalah untuk keperluan upload berkas. Biasanya ketika membuat berkas untuk diupload, pihak penerima akan menuliskan ukuran maksimal dari berkas tersebut. jika ukurannya terlalu besar, proses upload tidak bisa dilakukan. oleh sebab itu, memperkecil ukurannya bisa dijadikan pilihan terbaik.

Selain untuk keperluan upload, mengecilkan file word juga diperlukan untuk kemudahan akses. Seseorang yang hanya membuat file berisi puluhan atau ratusan halaman pasti tidak akan merasakan kesulitan. Namun hal berbeda akan terasa apabila jumlah halamannya  mencapai ribuan. Apabila ukurannya tidak dikontrol, akses akan sulit dilakukan.

Oleh sebab itu, memperkecil ukuran adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. untuk memperkecil ukuran sendiri, terdapat beberapa variasi yang bisa dilakukan. Beberapa variasi ini sudah terbukti efektif. Oleh sebab itu, berikut saya jelaskan ulasan lengkap mengenai tata cara ketika sedang memperkecil ukurannya.

Mengecilkan Berkas Word bisa Dilakukan dengan Melakukan Kompress Pada Gambar

Cara pertama untuk memperkecil ukuran adalah dengan mengompress gambar. Sebanyak apapun sebuah tulisan, hal ini biasanya tidak akan membuat komputer terasa berat. Namun hal berbeda akan terasa apabila di dalamnya terdapat banyak gambar. Ukuran gambar sendiri berbeda-beda. Bahkan, beberapa gambar dengan kualitas tinggi bisa mencapai puluhan hingga ratusan MB.

Ini jelas menjadi masalah apabila jumlah gambar tersebut banyak. Oleh sebab itu, memerhatikan poin ini menjadi sangat penting dalam mengecilkan file word. Dengan memperkecil ukuran gambar, akan terjadi pemotongan ukuran dalam jumlah besar. Melakukan kompress terhadap gambar sendiri bukanlah perkara sulit.

Itu karena, proses kompress bisa langsung dilakukan pada aplikasi. Pertama, bukalah terlebih dahulu berkas yang akan dikompress. Pada keterangan berkas tersebut, akan terlihat ukuran awalnya secara detail. Ketika berkas sudah dibuka, cari gambar yang akan dikompress. Setelah itu, klik kiri pada gambar tersebut.

Pada kolom paling atas aplikasi word, terdapat tulisan format yang berada di baris paling kanan. Klik menu tersebut lalu lihat ke beberapa kolom yang tersedia. Di bawah design akan terdapat tulisan compress file. Untuk melanjutkan proses kompress, klik tulisan tersebut. setelah melakukan klik, akan muncul tab selanjutnya.

Disana akan terdapat tulisan apply only this pictures. Hilangkan ceklis di samping tulisan tersebut. apabila ceklisnya dibiarkan, proses kompress hanya akan dilakukan terhadap satu gambar. Ini membuat kamu harus melakukan kompress setiap gambar satu per satu. Ini jelas akan memakan waktu cukup lama.

Di bawah tulisan tersebut, centang juga tulisan E-mal 96 ppi. Ini akan membuat kualitas gambar menurun namun tetap nyaman dilihat. Tekan ok dan mengecilkan file word selesai dilakukan. Save berkas tersebut lalu lihat ukuran berkas terbaru. Penurunan ukuran pasti akan terlihat secara signifikan.

Kompress Gambar Juga Bisa Dilakukan Secara Manual

Ketika mengecilkan gambar menggunakan word, proses pengecilan tersebut akan dilakukan secara otomatis. Dengan itu, kamu tidak akan bisa mengoptimasi sendiri. Ini tentu menjadi kekurangan karena bisa saja ukuran tersebut terlalu kecil atau terlalu besar. Oleh sebab itu, terdapat pilihan lain yang bisa dilakukan.

Pilihannya adalah dengan mengecilkan gambar secara manual. Dengan itu, mengecilkan file word bisa diatur dengan lebih baik. Namun untuk mengecilkan gambar secara manual, gambar tersebut harus berbentuk file terlebih dahulu. Nantinya gambar baru bisa diupload ke word setelah dikecilkan. Tahapannya sendiri cukup mudah.

Pertama siapkan terlebih dahulu gambar yang akan dikecilkan. Untuk lebih mudah, simpan foto tersebut dalam satu berkas. Selanjutnya, bukalah situs tiny.jpg. Pada situs tersebut, akan terdapat kolom untuk mengupload foto. Upload seluruh foto yang sebelumnya telah dipersiapkan kepada kolom tersebut.

Setelah proses upload selesai, klik kompress dan seluruh gambar akan dikompress secara otomatis. Tunggu kompress selesai dan simpan berkas yang sudah dikompress tersebut. terakhir adalah mengupload kembali foto ke word. Lakukan tata cara seperti biasa dan ukurannya akan menurun jauh.

Ada Banyak Tool di Internet yang Dapat Membantu

Jika sebuah file memiliki banyak foto, tata cara yang sebelumnya dijelaskan pasti efektif. Namun terdapat beberapa kondisi dimana mengecilkan file word perlu dilakukan padahal di dalamnya tidak terdapat banyak foto. Jika kondisi ini dialami, ada banyak tool di internet yang bisa membantu.

Pilihan pertama bernama youcompress. Sudah banyak orang terbukti berhasil ketika mengecilkannya. Ketika menggunakan youcompress, proses install aplikasi tidak perlu dilakukan terlebih dahulu. selain itu hasilnya juga tanpa watermark. Untuk menggunakan youcompress, masuklah ke situsnya terlebih dahulu.

Situsnya sendiri berada di alamat youcompress.com. Pada situs tersebut, carilah tab untuk masuk ke fitur kompress file word. Dari sana, akan terdapat sebuah kolom untuk mengupload file. Pilihlah file yang ingin diupload dan klik open. Setelah itu, klik upload dan compress.

Mengecilkan file word dengan youcompress sendiri cukup efektif. Pengecilannya bisa lebih dari 20 persen. Dengan itu file yang awalnya berukuran 10 MB bisa menjadi 8 MB dan bahkan lebih kecil lagi. Prosesnya sendiri tidak banyak mengubah struktur file. Selain youcompress, wecompress juga bisa dijadikan pilihan.

Pertama masuklah terlebih dahulu ke situs resminya di alamat wecompress.com. Setelah itu, cari fitur untuk memperkecil file word. Dari sana, kamu akan masuk ke halaman khusus. Klik tulisan + yang ada di halaman tersebut. Disitu kamu akan diperintahkan untuk memasukkan file yang akan dikecilkan ukurannya.

Dari sana, proses kompress akan dilakukan secara otomatis. Jika sudah selesai, klik download dan file akan bisa digunakan secara normal. jika dilihat dari efektivitas, wecompress memang hanya mengecilkan file word sebesar 15 persen. Namun ukuran tersebut sudah cukup baik jika youcompress tidak dapat diakses.

Beberapa Aplikasi Android Juga Bisa Digunakan

Pilihan terbaik untuk memperkecil berkas adalah menggunakan aplikasi android. Sekarang, sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur ini. Salah satu aplikasinya bernama RAR. Aplikasi ini bisa diundur melalui playstore. Sebenarnya RAR sendiri tersedia di appstore. Dengan itu pengguna iphone juga bisa memakainya.

Cara pertama untuk mengecilkan file word dengan menggunakan RAR adalah membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, cari file yang akan dikompress. Klik kompress lalu pilih mode kompress terbaik. dengan itu penurunan ukuran akan menjadi sangat efektif. Sistem dari RAR sendiri adalah membuat file baru.

Itu membuat file lama tidak akan terpengaruh. Jika proses sudah selesai, simpan file tersebut. Dengan ini, proses mengecilkan file sudah selesai. Namun ketika mengecilkan file, pastikan untuk melakukan pengecekan ulang. Biasanya, sering terdapat masalah dimana file tersebut banyak berubah. Hal ini jelas tidak boleh dibiarkan.

Di internet sendiri, ada banyak tools lain yang memiliki kemampuan untuk memperkecil ukuran file. Namun jika dilihat dari keamanan dan efektivitas, beberapa tools yang saya sarankan diatas merupakan jenis paling efektif. Dengan itu, sangat tepat jika menggunakannya ketika mengecilkan file word.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *