Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih

5 min read

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih

Bingung cari solusi bagaimana sih solusi cara mengatasi laptop blank putih? Salah satu masalah pada penggunaan komputer maupun laptop yakni layar monitor yang tiba-tiba mengalami blank putih. Jika mengalami masalah seperti itu maka kita tidak bisa mengoperasikannya seperti biasa karena tidak dapat membaca informasi yang tertera di monitor.

Dalam melakukan berbagai aktivitas tentu kita membutuhkan layar monitor untuk melihat banyak hal seperti mengetik, streaming, editing maupun aktivitas-aktivitas lainnya. Sehingga layar monitor menjadi bagian piranti vital pada suatu perangkat komputer yang mana apabila terjadi masalah dapat mengganggu pekerjaan.

Sementara pada perangkat yang sudah berumur atau telah lama digunakan biasanya sering mengalami masalah, termasuk mengalami white blank. Penyebab dari masalah tersebut bisa bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan LCD-nya. Lalu apakah ada cara mengatasi laptop blank putih?

Cara mengatasinya tentu harus disesuaikan dengan apa penyebab layar monitor tersebut menjadi blank layar putih. Maka dari itu, dalam pembahasan ini Saya akan memberikan penjelasan terkait faktor yang menjadi penyebab layar monitor mengalami blank putih lengkap beserta solusi untuk mengatasinya. Langsung saja simak.

Penyebab Layar Monitor Mengalami Blank Putih

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi laptop blank putih, ketahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Adapun berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan layar monitor alami eror warna putih:

  1. Kerusakan di kabel konektor LCD

Faktor penyebab paling umum yang membuat layar PC menjadi blank warna putih yakni kemungkinan adanya kerusakan pada kabel konektor. Kabel tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara bagian mainboard dengan panel LCD.

Eror biasanya terjadi karena pemasangannya kurang kencang. Namun bisa juga disebabkan karena kabel yang sudah lama digunakan sehingga solusinya harus mengganti dengan yang baru. Jadi sebelum mencoba berbagai solusi mengatasi kendala tersebut, cek dulu bagian ini dengan cara mengencangkannya.

  1. Error pada driver

Blank eror layar putih juga bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak, terutama pada driver perangkat. Penyebab ini mungkin bisa dikatakan kemungkinannya cukup kecil, tapi gejala paling umum ditandai dengan layar yang menjadi blank putih. Ingat-ingat kembali apakah baru-baru ini Kamu melakukan update driver? Jika iya, bisa jadi penyebabnya dari driver tersebut.

  1. Kerusakan pada VGA

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan dari VGA yang bermasalah sehingga menyebabkan layar menjadi warna putih. Hal itu lantaran kerusakan pada VGA memang membuat perangkat bisa dinyalakan, tapi tidak dapat menampilkan gambar pada layar alias Blank. Jika memang ini masalahnya maka penanganannya perlu keahlian khusus sehingga harus kerja saat servis.

  1. Motherboard bermasalah

Selain itu juga bisa disebabkan oleh motherboard yang bermasalah sehingga mengakibatkan monitor mengalami blank putih. Sama seperti sebelumnya, jika penyebabnya dari motherboard maka harus ditangani oleh orang yang ahli di bidang ini.

  1. Panel LCD bermasalah

Penyebab lainnya yang paling mungkin menjadi faktor layar monitor blank putih yaitu akibat kerusakan pada panel LCD. Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena benturan atau perangkat yang sudah berumur sehingga harus ganti dengan panel baru.

Selain beberapa penyebab diatas, masalah blank putih juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya termasuk komponen hardisk, RAM, baterai, dan lainnya. memang untuk mengetahui akar masalahnya secara detail perlu ke jasa service atau ahlinya agar tidak salah diagnosis dan bisa menemukan cara mengatasi laptop blank putih dengan benar.

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih dengan Membongkar laptop

Dari banyaknya faktor yang dapat menyebabkan monitor laptop menjadi white blank yakni karena masalah fisik LCD itu sendiri. Setelah Kamu memastikan bahwa tidak ada masalah dari aplikasi maupun software yang terinstal di dalamnya, maka kemungkinan besar white blank diakibatkan oleh kerusakan LCD laptop sehingga perlu mengecek dengan cara membongkarnya.

Setiap tipe laptop mungkin mempunyai cara bongkar yang berbeda-beda sehingga bisa Kamu sesuaikan dengan perangkat milik kalian. Untuk melakukan tindakan ini sebaiknya dilakukan secara berhati-hati agar tidak semakin merusak perangkat laptop Kamu. Siapkan beberapa peralatan maintenance agar lebih mudah dalam membukanya.

Tahapan pertama cara mengatasi laptop blank putih ini perlu dilakukan agar memudahkan dalam melakukan pengecekan komponen-komponen yang berkaitan dengan masalah tersebut. Jika Kamu ragu untuk melakukannya sendiri maka bisa meminta bantuan orang lain yang berpengalaman dalam membongkar atau membuka laptop.

Memeriksa Komponen Kabel Konektor LCD

Bukan hanya menyebabkan blank layar jadi putih, tapi error pada kabel konektor LCD juga bisa menyebabkan layar menjadi blank hitam. Untuk itu setelah Kamu membongkar perangkat kamu guna periksa pada bagian kabelnya terlebih dahulu. Pastikan kabelnya terpasang dengan pas dan tidak mengendor.

Kabel yang diperiksa merupakan penghubung antara mainboard dengan layar. Perhatikan secara seksama apakah ada cacat atau tampak patah, jika memang iya maka solusinya harus mengganti dengan kabel baru.

Selain karena posisinya yang mengendor, perangkat yang sudah usang biasanya posisi kabelnya tampak tertekan. Apabila seperti itu maka cobalah untuk meregangkannya sedikit dan cek apakah LCD sudah bisa menampilkan gambar atau belum. Nnamun biasanya untuk masalah ini memang solusi paling bagus yakni dengan mengganti konektornya agar tidak terjadi lagi.

Pada cara mengatasi laptop blank putih ini Kamu juga harus memperhatikan bagian kabelnya yang terhubung ke layar. Bisa jadi karena kabelnya memang tidak terpasang dengan tepat sehingga monitor tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Mengecek Komponen LCD Layar Laptop

Setelah melakukan cara mengatasi laptop blank putih pada langkah sebelumnya, selanjutnya Kamu bisa mengecek bagian komponen fisik layar laptop. Karena jika memang tidak ada masalah pada bagian kabel konektornya maka kemungkinan besar penyebab blank putih terjadi akibat kendala di layar laptop.

Untuk melakukan pengecekan bagian tersebut perlu membongkar komponen layar laptop Kamu yang tentunya memiliki resiko cukup tinggi jika tidak diterapkan dengan benar. Selain itu Kamu juga harus bisa membedakan keadaan fisik pada layar yang normal dan bermasalah.

Agar lebih mudah, Kamu bisa menonton video-video tutorial yang berkaitan dengan pengecekan bagian LCD monitor. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke jasa servis jika Kamu tidak dapat melakukan pembongkaran sendiri karena khawatir akan terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Cara mengatasi laptop blank putih jika terjadi masalah di bagian ini maka hanya bisa diatasi dengan mengganti LCD baru. Apalagi pada laptop yang sudah digunakan sejak lama, biasanya rentang alami white blank secara tiba-tiba dan ditandai dengan perangkat mulai laptop.

Sebagai catatan, jika Kamu ingin mengganti komponen LCD laptop maka pastikan memiliki original. Banyak yang dijual dengan harga murah tapi merupakan produk palsu di mana justru akan memperparah kerusakan perangkat.

Memeriksa dan Mengganti Komponen Driver

Bagian lainnya yang harus dicek untuk memastikan penyebab laptop alami blank putih yaitu komponen driver-nya. Gejala jika laptop mengalami masalah pada komponen driver biasanya error akan muncul secara tiba-tiba pada waktu tertentu saja. Eror warna putih tidak muncul sejak awal ketika perangkat dinyalakan.

Jadi perhatikan kembali apakah masalah eror tersebut terjadi ketika komputer dinyalakan atau saat sudah dinyalakan. Apabila ketika perangkat dioperasikan lalu tiba-tiba mengalami blank di waktu tertentu maka kemungkinan besar masalahnya ada di bagian driver VGA. Untuk memastikannya kalau bisa mengecek driver VGA apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak

Cara mengatasi laptop blank putih jika masalahnya dari VGA maka Kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Kerusakan bagian VGA yang tidak segera diatasi justru akan menyebabkan masalah lainnya pada perangkat. Jadi sebelum semakin serius maka konsultasikan ke jasa service untuk mengganti dengan driver VGA yang baru.

Ingat kembali apakah baru-baru ini Kamu melakukan update driver atau memasang driver baru. Biasanya pada perangkat yang kurang cocok dengan instalasi driver baru tersebut akan mengalami masalah berupa blank monitor warna putih.

Cek Kondisi Baterai dan Hardisk

Cara mengatasi laptop blank putih yaitu dengan memeriksa kondisi baterai pada perangkat. Normal atau tidaknya komponen baterai juga memberikan pengaruh terhadap daya yang memicu tegangan. Apabila baterai bermasalah maka bisa menjadi penyebab white blank yang biasanya terjadi karena daya bertegangan tinggi.

Selain pada baterainya, pastikan juga adaptor tidak bermasalah. Keduanya memiliki peranan penting dan jika bermasalah bisa mengakibatkan eror di bagian motherboard laptop yang ditandai dengan gejala sering mengalami layar putih atau blank. Umumnya juga ditandai dengan gejala baterai mulai boros atau tiba-tiba kosong padahal sebelumnya masih penuh.

Cek juga bagian hardisk laptop dimana merupakan komponen penting ketika perangkat booting. Hardisk jika rusak bisa mengakibatkan perangkat gagal booting dan ditandai dengan blank. Selain blank layar putih, biasanya juga mengalami blank hitam pada beberapa perangkat tergantung dari kondisi hardisknya.

Apabila di layar monitor hanya terlihat kursornya saja maka kemungkinan besar masalahnya dari hardisk. Cara mengatasi laptop white blank jika penyebabnya dari bagian ini maka Coba lakukan defrag hardisk dengan masuk ke Safe Mode. Solusi tersebut hanya bisa dilakukan apabila Kamu masih bisa masuk ke mode aman.

Kamu juga bisa mengecek hardisk dengan cara melepaskannya terlebih dahulu lalu memasangkannya ke perangkat lain untuk menguji apakah bisa bekerja dengan baik atau tidak. Jika pada perangkat lain juga menimbulkan gejala yang sama maka bisa dipastikan bahwa hardisk Kamu bermasalah.

Konsultasikan dan Perbaiki ke Jasa Service

Perlu diketahui bahwa masalah eror putih pada layar laptop tidak selalu bisa diatasi sendiri. Terlebih kendala tersebut disebabkan oleh faktor internal, terutama dari software perangkat. Apalagi jika kita tidak punya keahlian untuk mengotak-atik perangkat, khawatirnya justru akan semakin memperparah keadaan

Jika Kamu sudah mencoba berbagai cara mengatasi laptop blank putih di atas tapi tidak juga memperbaiki masalah maka solusi terakhirnya bisa mengkonsultasikan ke jasa service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena untuk mengetahui akar penyebab white blank tersebut harus melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Dalam banyak kasus, cara untuk mengatasi perangkat white blank dimana paling efektif yakni dengan mengganti komponen-komponen bermasalah. Seperti sudah Saya jabarkan di atas bahwa ada beberapa komponen dimana memberikan pengaruh besar penyebab eror layar putih. Terutama pada perangkat komputer atau laptop dimana sudah usang alias berumur dimana lebih rentan mengalami kendala tersebut.

Sementara biaya dimana harus dikeluarkan untuk memperbaiki laptop layar eror putih ke jasa service juga tergantung dari masalahnya. Apabila penyebabnya berasal dari kerusakan di bagian LCD maka biasanya biaya gantinya cukup besar. Jadi bagi kalian ketika bingung mencari cara mengatasi laptop blank putih, Saya sarankan untuk mengkonsultasikannya ke ahli.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Reset Laptop Acer

Asrur Rifa
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *