Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul

3 min read

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul

Cara mengatasi IDM tidak muncul tidak banyak diketahui masyarakat. Padahal keberadaannya sangat penting. Itu karena tidak munculnya aplikasi tersebut bisa membuat proses download tidak bisa lagi dilakukan. terdapat beberapa hal yang menyebabkan tidak munculnya IDM. Hal pertama adalah tidak aktifnya aplikasi.

Tidak aktifnya hal tersebut biasanya disebabkan oleh proses integrasi yang masih berjalan. Alasan selanjutnya mengapa aplikasi tersebut bisa tidak aktif adalah karena tidak cocoknya IDM dengan browser. Hal ini sering dialami oleh para pengguna browser dengan kondisi tidak terlalu terkenal. IDM error bisa juga terjadi.

Apabila hal ini sedang dialami satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah menunggu hingga kondisi error tersebut selesai. Namun sebenarnya, bisa juga error ini disebabkan kerusakan pada aplikasi. Alasan selanjutnya terletak pada format file yang akan didownload. Ini juga penting dalam cara mengatasi IDM tidak muncul.

Apabila formatnya tidak sesuai, semua upaya yang dilakukan akan menjadi percuma. Jika kamu sedang mengalami kesulitan dalam mengatasinya, terdapat beberapa cara yang perlu dilakukan. kamu sendiri sekarang berada di tempat tepat. di ulasan kali ini akan dibahas lebih jauh tata cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi IDM tidak Muncul Pertama Adalah Restart Aplikasi dan Process Explorer.exe

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan restart terhadap aplikasi. Restart yang dimaksud disini tidak seperti melakukan restart terhadap komputer. Itu karena, tidak ada fitur khusus untuk melakukannya. Yang dimaksud restart disini adalah menonaktifkannya sementara lalu menyalakannya kembali. Melakukan restart sendiri cukup mudah dan efektif.

Jika terdapat error, error tersebut akan hilang secara otomatis. Dalam melakukan restart pertama cek ikon dari aplikasi terlebih dahulu. selanjutnya, klik kanan pada ikon tersebut. klik exit disana lalu masuklah kembali ke aplikasi secara normal. ini sangat efektif dalam cara mengatasi IDM tidak muncul.

Terdapat cara lain untuk melakukan restart. Caranya sendiri adalah melalui task manager. Pertama cari terlebih dahulu proses IDMAN.exe. tentu pencarian tersebut dilakukan di kolom task manager. Selanjutnya lakukan force stop kepada IDMAN.exe tersebut. jika sudah, coba buka kembali aplikasi. Jika restart IDM tidak efektif, lakukan cara selanjutnya.

Cara mengatasi IDM tidak muncul selanjutnya adalah dengan restart process Explorer.exe. ini sebenarnya adalah sebuah program sistem. Fungsinya sendiri adalah sebagai navigasi. Ini adalah fitur bawaan windows yang oleh sistem operasi tersebut dijadikan sebagai navigasi utama. Dibanding explorer.exe, beberapa orang lebih mengenal bagian-bagiannya.

Taskbar yang selama ini sangat membantu adalah bagiannya. Melakukan restart terhadap explorer.exe juga dapat dilakukan melalui task manager. Dalam task manager carilah explorer.exe. klik end process lalu jalankan aplikasi secara normal. beberapa orang berhasil ketika mencoba teknik ini dalam mengatasi permasalahan berbagai aplikasi.

Bisa Juga dengan Restart Windows atau Menginstall Ulang Aplikasi

Cara mengatasi IDM tidak muncul selanjutnya adalah dengan melakukan restart terhadap windows. Melakukan restart windows sendiri bisa membuat file kembali normal setelah sebelumnya terjadi error. Tidak dapat dipungkiri, sering terdapat masalah ketika windows baru saja dinyalakan. Masalah tersebut seperti aplikasi yang tidak bisa diakses secara sempurna.

dengan melakukan restart terhadap windows, aplikasi akan dibuka kembali dari awal. Jika dilihat dari kemudahan, teknik ini adalah cara termudah. Itu karena, seseorang hanya perlu merestart komputernya seperti biasa. Jika bisa, jangan lakukan restart. Matikan terlebih dahulu komputer tersebut beberapa saat.

Setelah 15 hingga 30 menit, barulah buka kembali komputer secara normal. Jika cara mengatasi IDM tidak muncul ini masih belum efektif, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Melakukan install ulang sendiri dapat membuat browser dan aplikasi melakukan integrasi secara ulang.

Dengan itu permasalahan integrasi yang sebelumnya sering dirasakan bisa selesai. Melakukan integrasi juga bisa menyelesaikan file corrupt yang bermasalah. Ketika melakukan install ulang, bukalah control panel. Disana sudah ada fitur untuk melakukan uninstall terlebih dahulu lalu mengembalikannya kembali seperti biasa.

Dalam melakukan install ulang, pastikan file sebelumnya terhapus secara menyeluruh. Untuk membantu proses ini, software bantuan seperti ccleaner bisa digunakan. Dengan itu, sisa-sisa file registry akan terhapus secara menyeluruh. Jika sudah terhapus seluruhnya, lakukan saja proses install seperti biasa dan cobalah buka aplikasi.

Melakukan Update Kepada Aplikasi dan Browser Bisa Dilakukan

Kebanyakan orang sering malas dalam mengupdate IDM. Padahal, hal ini sangat penting dalam cara mengatasi IDM tidak muncul. Tidak diupdatenya aplikasi adalah salah satu penyebab munculnya permasalahan ini. Seharusnya, seseorang melakukan update secara berkala. Dengan itu, setiap pembaruan yang membantu akan didapat.

Melakukan pengecekan apakah ada update atau tidak juga mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka IDM. Namun proses membukanya tidak seperti membuka aplikasi seperti biasa. Bukalah software tersebut melalui taskbar. Dari sana, carilah kolom bertuliskan help. Jangan lupa juga memilih opsi check for update.

Disana akan muncul pembaruan yang tersedia. Biasanya pada beberapa orang, pembaruan tersebut sudah tersedia dalam jumlah banyak. Pastikan untuk melakukan update terhadap seri terbaru. Klik update now dan proses pembaruan akan berjalan otomatis. Selain melakukan update terhadap IDM, ada cara mengatasi IDM tidak muncul lain.

Cara selanjutnya adalah dengan mengupdate browser. Ini juga sering terlupakan. Beberapa orang bahkan menggunakan browser selama bertahun-tahun tanpa ingat untuk melakukan update. Namun dalam melakukan update browser, tiap browser sendiri memiliki cara berbeda-beda. Sebagai contoh, mari ambil tata cara untuk mengupdate chrome.

Saat mengupdatenya, klik kanan diaplikasi dan check update. Jika tidak ada apapun disana maka aplikasi sudah berada di versi terbaru. Sebenarnya sangat disarankan untuk menggunakan chrome atau firefox. Selain tata cara updatenya sangat mudah, kedua browser tersebut juga kompatibel dengan IDM. Dengan itu permasalahan seperti browser yang tidak muncul bisa diselesaikan.

Periksa Juga Format File dan Dukungan Browsernya

Cara mengatasi IDM tidak muncul selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap format file. Sebenarnya, aplikasi ini mendukung hampir semua jenis format file. Terlebih lagi format file terkenal seperti mpg, 3gp. Mp3, dan zip. Namun pada kenyataannya, terdapat beberapa format file unik yang tidak didukung.

Biasanya ini adalah format baru atau sebuah virus. Sebenarnya jika format tersebut tidak didukung, kamu masih bisa menambahkannya. Untuk menambahkan format tersebut, pertama buka terlebih dahulu aplikasi IDM. Selanjutnya klik options di daftar menu. Pilih tipe file dan masukkan format file tersebut.

Jangan lupa juga untuk melihat dukungan browser. Ini diperlukan jika browser yang digunakan tidak terlalu terkenal. Coba buka software tersebut lalu pilih options. Dari sana, pilih tab dengan tulisan general. Kamu akan melihat daftar browser yang didukung IDM disana. Bisa saja browser yang digunakan tidak termasuk.

Selalu pastikan untuk mencoba setiap tahapan tersebut dengan sebaik mungkin. Sudah ada banyak orang yang mengalami masalah karena tidak mencobanya secara maksimal. Jika memberikan upaya maksimal, hasilnya pasti efektif. Itu karena cara mengatasi IDM tidak muncul ini sudah terbukti efektif.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *