Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Memperkecil Ukuran Video Online

3 min read

Cara Memperkecil Ukuran Video Online Mudah

Cara Memperkecil Ukuran Video Online Mudah

Belakangan ini semakin banyak orang tertarik berbagi video melalui beragam jenis sosial media sehingga mengetahui cara memperkecil ukuran video online bisa saja dibutuhkan. Di beberapa jenis sosial media memang membutuhkan ukuran tertentu untuk bisa upload file dengan lancar sehingga hal ini perlu diperhatikan dengan baik.

 

Terkadang saat sedang membuat video ternyata ukurannya tidak sesuai standar minimal dari sosial media tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan proses compress atau memperkecil ukurannya. Tentu ada cara khusus yang bisa dilakukan dalam mengatasi hal tersebut agar dapat memudahkan proses mengupload file nantinya.

 

Video yang diunggah ke media sosial tentunya digunakan untuk beragam kebutuhan. Misalnya saja hanya untuk berbagi momen dengan teman di dunia maya, promosi produk, hingga hiburan. Agar nantinya kebutuhan kamu akan unggahan tersebut dapat berjalan lancar maka kuasai terlebih dahulu cara memperkecil ukuran video online agar dapat membantu memudahkannya.

 

Bantuan Cara Memperkecil Ukuran Video Online

 

Setelah proses pembuatan video tentu saja tidak serta-merta file mentah tersebut kamu unggah ke sosial media. Kebanyakan pasti akan melakukan proses editing agar nantinya file yang dihasilkan juga lebih baik untuk ditonton di sosial media. Namun sering terjadi setelah proses editing kemudian ukuran file tersebut jadi lebih besar daripada sebelumnya sehingga dibutuhkan cara memperkecil ukuran video online.

 

Pada dasarnya ada dua alasan mengapa sebuah file video bisa berukuran terlalu besar. Faktor pertama yaitu karena merupakan file video yang masih awal atau belum melalui proses compress sehingga ukurannya menjadi cukup besar sejak proses awalnya. Namun bisa juga disebabkan oleh adanya proses editing kurang tepat sebagai penyebab berikutnya.

 

Sebelum memahami tentang cara memperkecil ukuran video online maka kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika sampai proses upload kemudian berjalan cukup lambat atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali maka coba untuk melakukan pengecekan terhadap format file video tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lanjut.

 

Dengan begitu kamu bisa mengetahui ukuran file sekarang dan harus dikecilkan sampai ukuran berapa agar dapat lebih nyaman diupload di sosial media. Selain lebih cepat proses uploadnya juga tentunya tidak akan berat ketika diakses oleh orang lain secara online. Hal ini pastinya harus diperhatikan dengan baik agar dapat memberikan kenyamanan untuk banyak orang nantinya.

 

Cara Memperkecil Ukuran Video Online yang Aman

 

Agar dapat mengaplikasikan cara memperkecil ukuran video online maka sebenarnya sudah tersedia beberapa situs yang dapat kamu manfaatkan dengan baik. Situs ini memberikan bantuan fasilitas agar dapat memperkecil ukuran file sesuai kebutuhan masing-masing. Tentu saja kamu perlu menyesuaikan dengan aturan masing-masing situs tersebut.

 

Kamu boleh menggunakan situs manapun untuk membantu proses compress pada video yang ingin diperkecil ukurannya. Namun kurang lebih prosesnya memang akan sama saja, kalaupun ada perbedaan bukanlah sesuatu yang besar dan tentunya kamu bisa menyesuaikannya dengan baik nantinya ketika memanfaatkan fasilitas dari situs tersebut.

 

Setelah membuka situs yang sudah dipilih maka cara memperkecil ukuran video online selanjutnya yang harus dilakukan adalah upload file video di tempat tersedia. Biasanya ada yang bisa melalui google drive, URL, atau dropbox bergantung masing-masing situs. Lalu kamu tinggal menunggu file tersebut selesai terunggah dan diproses compress sampai selesai tentunya.

 

Jika prosesnya sudah selesai maka kamu tinggal menekan tombol download dan mendapatkan file video yang ukurannya lebih kecil sesuai kebutuhan. Ada baiknya setelah proses download tersebut kamu melakukan pengecekan terhadap keseluruhan video. Pastikan bahwa tidak ada bagian file yang terpotong, rusak, ataupun berkurang dari hasil unggahan sebelumnya.

 

Hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik adalah mengenai kecepatan proses compress video tersebut. Semuanya akan bergantung pada kecepatan dan stabilitas koneksi internet kamu masing-masing. Jadi memang durasinya juga bisa berbeda-beda, selain itu juga tidak disarankan menggunakan basis kuota karena tentu saja akan boros dan prosesnya lebih lama.

 

Mempertimbangkan Situs untuk Compress Video Online

 

Ketika kamu memutuskan menggunakan cara memperkecil ukuran video online maka ada beberapa hal juga penting untuk diperhatikan dengan baik. Jangan sampai nantinya kamu justru menyesal atau mengalami kerugian karena tidak berhati-hati dalam hal ini. Tentu saja sudah banyak diketahui orang bahwa kejahatan di dunia maya terkadang bisa terjadi tanpa terduga.

 

Kamu harus memastikan bahwa situs yang digunakan memang benar-benar aman dan memiliki jaminan kualitas terbaik. Keamanan ini tentu saja untuk keamanan file kamu agar tidak sampai dicuri oleh orang lain termasuk data pribadi kamu yang mungkin ada di dalamnya. Hal ini tentunya tidak boleh diabaikan begitu saja ketika berhubungan dengan dunia online.

 

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat mengaplikasikan cara memperkecil ukuran video online jika ada yang meminta data pribadi tanpa alasan jelas. Pastinya kamu tidak boleh sembarangan membagikan data pribadi yang memang seharusnya tidak disebarluaskan di media online karena bisa berakibat fatal nantinya.

 

Jadi meskipun cara ini adalah yang paling mudah dilakukan karena tidak perlu install aplikasi secara khusus, tetapi kamu juga tidak bisa menggunakannya secara sembarangan. Melakukan pengecekan terlebih dahulu memang sangat penting dilakukan dalam hal ini. Kamu bisa membawa berbagai review yang ada agar bisa memilih mana lebih tepat untuk digunakan agar lebih aman dan nyaman tentunya.

 

Pengecekan Ukuran dan Format Video

 

Untuk kamu yang masih bingung mengenai cara mengetahui ukuran dan format sebuah video maka perlu memahaminya terlebih dahulu. Jika kamu membukanya di ponsel maka buka file tersebut kemudian pilih titik tiga yang biasanya ada di pojok kanan atas. Lalu klik pada bagian detail dan akan muncul berbagai informasi yang dibutuhkan tentang video tersebut secara lengkap.

 

Sementara untuk yang membuka file di laptop maka bisa klik videonya dan klik kanan. Selanjutnya klik pada pilihan properties dan summary. Dengan mengetahui informasi ini maka kamu juga bisa mempertimbangkan jika ternyata setelah proses compress ukuran filenya masih terlalu besar dan dibutuhkan proses sekali lagi untuk mengecilkannya.

 

Jadi langkah ini bisa kamu lakukan sebelum dan setelah mengaplikasikan cara memperkecil ukuran video online. Pengecekan ini tentu saja diperlukan untuk memastikan semuanya sudah sesuai kebutuhan kamu masing-masing. Hal ini dikarenakan beberapa situs online yang membantu proses compress tidak bisa diatur pengecilannya seberapa besar sehingga bekerja secara otomatis.

 

Melalui pengecekan ini kamu juga bisa mempertimbangkan efektivitas dari situs tersebut dalam membantu compress file tersebut. Jika dibutuhkan nantinya bisa memilih situs lainnya yang memang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya ini. Apalagi sebenarnya ada banyak pilihan dapat kamu pertimbangkan untuk dimanfaatkan fasilitasnya.

 

Banyak orang memilih cara online ini karena lebih praktis dan memudahkan segala kebutuhan compress file tersebut. Namun memang kamu juga tetap perlu mempertimbangkan berbagai hal terutama dari faktor keamanan dan kenyamanan selama menggunakannya. Dengan begitu saat melakukan cara memperkecil ukuran video online tidak akan lagi khawatir.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Arti Repost

Asrur Rifa
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *