Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Font untuk Logo Brand Gratis dan Berbayar

3 min read

FONT UNTUK LOGO BRAND GRATIS DAN BERBAYAR

FONT UNTUK LOGO BRAND GRATIS DAN BERBAYAR

Lagi cari rekomendasi font untuk logo brand gratis dan berbayar? Logo menjadi salah satu identitas penting bagi suatu brand atau merk. Dengan adanya logo akan memudahkan orang lain untuk mengenali brand tersebut karena fungsinya seperti mascot dan akan berlaku selamanya, kendati beberapa brand melakukan update logo mereka.

Logo tidak dibuat secara asal-asalan, bahkan jika menggunakan jasa profesional membutuhkan dana besar. Meskipun begitu, membuat logo untuk brand tidak boleh dianggap remeh. Tidak masalah jika Kamu membuatnya menggunakan aplikasi-aplikasi gratisan, tapi tetap perhatikan detailnya.

Salah satunya dengan mempertimbangkan jenis font yang tepat untuk digunakan pada desain. Bagi mereka yang tidak terlalu paham dengan desain mungkin tidak akan memusingkan masalah pemilih font ini. Padahal font turut memberikan peran penting dalam suatu desain, termasuk logo untuk brand.

Kita bisa lihat pada perusahaan-perusahaan besar dimana mereka menggunakan model huruf unik dan terlihat menarik. Model huruf tersebut bahkan turut menjadi mascot alias identitas dari perusahaan. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat logo pilihlah model font yang bagus.

Oh iya, tidak semua tipe font berbayar lhoh, beberapa ada yang bisa digunakan secara gratis. Nah, pembahasan kali ini Saya ingin membagikan informasi model font untuk logo brand gratis dan berbayar. Bingung mau pakai huruf mana paling cocok untuk logo kalian? Yuk, langsung saja simak rekomendasinya disini.

Tips Memilih Font untuk Logo Brand Gratis dan Berbayar

Sebelum Saya memberikan ide tipe font untuk logo brand gratis dan berbayar, ketahui dulu beberapa hal dimana harus dipertimbangkan dalam memilih tipe huruf. Agar tidak salah dalam memilih font, gunakan beberapa tips berikut ini:

  1. Fleksibel

Pilihan model yang lebih fleksibel serta tetap bisa dibaca ketika dicetak dalam ukuran besar maupun kecil. Kamu bisa memilih model yang sederhana dan ringan sehingga penerapannya di berbagai media juga lebih fleksibel.

  1. Lihat Kompetitor

Bukan meniru milik pesaing, melainkan lakukan analisa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemilihan huruf di logo perusahaan mereka. Dengan begitu Kamu bisa menentukan mana huruf yang seharusnya akan lebih menarik untuk desain logo di brand kategori produk serupa.

  1. Sesuaikan Identitas Merk

Font bisa mengkomunikasikan tentang perusahaan atau brand Kamu. Jadi pilihlah tipe huruf yang memang dapat mencerminkan bagaimana identitas perusahaan kalian. Apakah merk ingin menonjolkan keceriaan, eleganitas, abstrak atau lainnya. Karena setiap font akan menunjukkan kesan tertentu.

  1. Hindari Mengkombinasi Model Terlalu Banyak

Lebih disarankan memakai sati type huruf saja, atau maksimal dua jenis. Terlalu banyak menggunakan tipe justru akan membuat logo terlihat aneh, asal-asalan dan tidak serius. Tentu itu sangat tidak bagus karena dapat mempengaruhi kredibilitas merk.

  1. Hindari Memakai Font Trend

Mungkin sekarang sedang trend, tapi biasanya tidak akan berlangsung lama. Alih-alih memilih yang sedang hits, Kamu bisa menggunakan tipe yang bisa mencerminkan karakteristik dan nilai merk. Huruf tipe tersebut harus bersifat timeless sehingga akan tetap menarik selamanya.

  1. Perhatikan Jarak Karakter

Beberapa tipe huruf terlihat sangat dempet sehingga menyulitkan orang untuk membacanya. Jadi pertimbangkan model yang tidak terlalu dempet maupun renggang agar tidak memakan space.

Contoh Font untuk Logo Brand Gratis

Sesuai yang dijanjikan bahwa disini Saya ingin membagikan informasi mengenai font untuk logo brand gratis dan berbayar. Bagi yang tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli model  huruf, Kamu bisa memakai beberapa tipe huruf gratisan berikut ini yang juga digunakan pada perusahaan-perusahaan besar:

  1. Klavika Bold

Sebagai media sosial terbesar yang paling banyak digunakan di dunia, ternyata logo Facebook memakai tipe huruf sederhana dan gratis lhoh. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi cukup membuatnya menjadi identitas resmi perusahaan Facebook. Klavika Bold sendiri merupakan jenis huruf yang menonjolkan konektivitas melalui tampilan huruf dengan geometri besar.

  1. Catull BQ

Kamu juga bisa memilih tipe huruf Catull BQ yang ternyata juga digunakan oleh perusahaan mesin pencarian terbaik di dunia, yakni Google. Google memang sering meggonta-ganti tipe huruf logo mereka dan salah satunya yang digunakan adalah Catull BQ. Cocok digunakan untuk merk-merk dengan niche teknologi.

  1. Pico Y

Sebagai salah satu portal berita terpopuler dan memilih pengunjung mencapai jutaan pengguna, Digg juga memakai jenis huruf gratis bernama Pico Y. Tipe model ini lebih menonjolkan kesan siku-siku karena setiap sisi sudut hurufnya dibuat 90 derajat sehingga dapat memberikan kesan lebih hidup.

  1. Ubuntu Italic

Kamu juga bisa meniru gaya huruf dari perusahaan Envato yang memakai tipe Ubuntu Italic. Tidak hanya memberikan kesan yang elegan, Ubuntu Italic juga bersifat open source alias bisa digunakan secara gratis.

  1. Verdana Italic Bold

Dari banyaknya rekomendasi font untuk logo brand gratis dan berbayar, Kamu bisa memakai jenis huruf yang termasuk gratis ini. Tahukah kalian, Verdana Italic Bold juga digunakan pada logo PayPayl sebagai perusahaan besar yang berkaitan dengan uang. Karena gratis, jadi tidak ada salahnya Kamu memilih tipe font ini.

Model Font untuk Logo Brand Premium

Bagi sebagian merk mungkin lebih memilih model huruf premium meskipun mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli lisensinya. Alih-alih memakai yang gratis, font premium sudah pasti memiliki keunggulan. Kamu akan mendapatkan sesuai uang yang dibayarkan.

Salah satunya fakta bahwa tipe berbayar akan membuat merk Kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah lisensi. Karena Kamu bisa menggunakan model huruf tersebut sampai kapanpun. Perihal keamanan dalam penggunaannya juga lebih terjamin dibandingkan huruf gratis.

Jika ingin menggunakan yang premium, berikut Saya berikan rekomendasi huruf berbayar beserta informasi harganya:

  1. Nordic Tale (by Struvictory.art) mulai dari $10.00
  2. Busy Day (by PizzaDude.dk) mulai dari $16.00
  3. Quarts Pachino (by Allouse Studio) mulai dari $11.20
  4. Lamberds (by Letterhend) mulai dari $9.50
  5. Ancyra (by Hurufatfont) mulai dari $29.00
  6. Every (by Anita Jürgeleit) mulai dari $34.00
  7. Kefir (by ROHH) mulai dari $39.00

Memilih Font yang Gratis atau Berbayar?

Setelah melihat beberapa rekomendasi font untuk logo brand gratis dan berbayar di atas, mungkin diantara Kamu masih bingung mau pakai mana nih? Antara gratis maupun berbayar sebenarnya tergantung dari keinginan sendiri. Apalagi banyak juga brand-brand perusahaan besar dimana memakai font untuk desain logo versi gratis.

Jika memiliki dana lebih, tidak masalah jika Kamu menggunakan font premium. Dengan menggunakan font berbayar tentu akan lebih nyaman karena bisa memakainya tanpa ada batasan waktu. Karena jika memilih font gratis sembarangan dan ada batas waktu penggunaannya, tentu akan menyulitkan Kamu kedepannya.

Mana nih dari font untuk logo brand gratis dan berbayar di atas dimana paling cocok untuk merk kalian? Jika kesulitan dalam menentukan tipe font, Kamu bisa memakai jasa desainer profesional untuk membantu membuatkan logo dan pemilihan hurufnya.

Baca juga: Font Keren untuk Desain Grafis yang Menarik

Oh iya, dalam memilih font untuk logo brand gratis dan berbayar, tetap prioritasnya model dimana memang cocok dengan perusahaan ya agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *