Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Font untuk Desain Grafis

3 min read

FONT UNTUK DESAIN GRAFIS TERBAIK MENARIK KEREN GRATIS DAN BERBAYAR

FONT UNTUK DESAIN GRAFIS TERBAIK MENARIK KEREN GRATIS DAN BERBAYAR

Saat ini, ada berbagai font yang bisa kamu gunakan secara bebas dan gratis. Dari berbagai font tersebut, ada font yang punya karakter unik, luwes dan keren sehingga font bisa digunakan untuk desain grafis.

Ketika menggunakan font untuk desain grafis, kamu jadi bisa membuat kreasi desain yang epik dan menarik.

Tinggal padu-padankan saja antara desain dengan font sampai tercipta komposisi yang pas. Semakin pintar kamu menyesuaikan aspek ini, maka desain yang kamu buat punya nilai lebih.

Kamu bisa menggunakan font terbaru atau yang antimainstream untuk mendesain logo, desain produk, ilustrasi, infografis, dan yang lainnya.

Kalau kamu UI/UX desainer website, kamu juga bisa menggunakan font yang sesuai dengan desain website sehingga tulisannya enak dibaca pengunjung.

Kalau kamu ingin download font untuk desain grafis, tinggal klik saja pada setiap judul font di artikel ini. Seandainya gagal, silakan ketik di pencarian Google lalu cari dengan keyword “download [nama font]”, biasanya font akan ditemukan dengan mudah.

Sebelum lanjut, kamu bisa mungkin bisa membaca Pengertian dan Fungsi font terlebih dahulu biar makin paham.

Namun perlu diingat, kamu harus tahu lisensi dari penggunaan font tersebut. Apa bisa digunakan untuk penggunaan komersial (commercial use) atau hanya untuk penggunaan pribadi (personal use)?

Hal ini penting diketahui sebelum mengunduh dan menggunakan font, karena sudah banyak kasus yang membuat para desainer grafis terkena pelanggaran hak cipta.

Bahkan saya pernah membaca suatu konten yang membuat desainer harus membayar denda puluhan juta rupiah untuk menebus pelanggaran tersebut.

Jadi kamu harus hati-hati, jangan asal pakai apalagi untuk keperluan komersial seperti desain logo brand untuk sebuah bisnis.

Untuk kebutuhan desain grafismu, saya akan memberikan referensi lebih dari 50 font keren baik yang gratis maupun berbayar.

Saya rangkum daftar ini untuk berbagai keperluan seperti desain logo, undangan, brosur, banner, infografis, menu makanan, desain web, promosi, illustrator, dan sebagainya.

Silakan gunakan dengan bijak dan baca ketentuan lisensinya terlebih dahulu. Saya akan membaginya jadi 3 yaitu gratis 100%, gratis personal use, dan berbayar. Yuk simak!

Font Desain Grafis yang Keren dan Gratis 100%

Kumpulan font desain grafis ini bisa digunakan untuk penggunaan pribadi maupun komersial. Sebagian berasal dari Google Font dan Dafont. Untuk lebih yakin, silakan baca deskripsi dari para pengembang font.

Press Start 2P

Press Start 2P merupakan yang cukup unik. Desain font terinspirasi dari game arcade Namco tahun 1980-an yang membuatnya terlihat klasik namun antimainstream.

Kamu bisa menggunakan font ini untuk mendesain project dengan tema ‘game’ atau hal-hal yang berbau teknologi. Font ini dapat bekerja secara maksimal pada ukuran 8px, 16px dan kelipatan 8.

  • Format font : TTF
  • Author : Syafrizal a.k.a Khurasan

Alphakind

Font gratis ini mempunyai desain yang cukup friendly dan kasual. Kalau dilihat secara sekilas, Alphakind mirip dengan font di game FORTNITE.

Bentuk font cukup besar dan tebal sehingga terlihat kokoh. Meskipun begitu, font ini tidak menyeramkan atau serius sama sekali. Cocok untuk desain bertema anak muda, kasual, dan menyenangkan.

  • Format font : TTF
  • Author : Syafrizal a.k.a Khurasan

Bakso Sapi

Bakso Sapi merupakan font gratis dari Locomotype yang mengusung gaya tulisan tangan menggunakan spidol.

Karena konsepnya tulisan tangan, maka akan terlihat sangat natural. Apalagi karena adanya fitur format OTF (OpenType Font) yang memungkinkan urutan huruf berubah secara otomatis.

Untuk menggunakan fitur tersebut, kamu harus mengaktifkan Alternatif Kontekstual.

Font ini sangat cocok untuk pembuatan desain anak-anak, poster, komik, kutipan, quotes, atau tagline. Kabar baiknya, font ini gratis untuk tujuan pribadi dan komersial berdasarkan lisensi standar Locomotype.

  • Format font : OTF
  • Author : Locomotype

Honey Script

Honey Script adalah font yang mengadopsi tulisan tangan asli dengan menggunakan pulpen tipis. Garis-garis yang ada pada tiap karakternya tipis, namun tingkat ketebalan pada bagian-bagiannya berbeda.

Jika dilihat secara kasap mata, font ini terlihat begitu natural. Sayangnya format font yang digunakan masih TTF sehingga tidak bisa dibuat variasi agar lebih dinamis.

Meski begitu, font ini masih layak untuk dijadikan sebagai koleksi font.

  • Format font : TTF
  • Author : Dieter Steffmann

Star Jedi

Suka film starwars? Coba aja pakai font yang satu ini, jadi bisa nostalgia dikit. Meski dari beberapa review ada yang mengatakan bahwa terdapat kesalahan beberapa huruf, namun font ini masih bisa dimanfaatkan.

  • Format font : TTF
  • Author : Boba Fonts

The King & Queen

Kalau desainmu ingin terlihat estetik dan kreatif, coba gunakan saja font yang satu ini. Gaya font yang diusung sangat ramai, penuh dekorasi, banyak lekuk dan garis.

Karena font ini lebih mengedepankan ‘seni’ maka wajar jika tingkat keterbacaannya rendah. Kalau dijadikan teks panjang atau kutipan tentu sulit untuk dibaca.

Font ini mungkin cocok untuk desain sampul buku, novel, atau ilustrasi.

  • Format font : TTF
  • Author : Brian

Harry Potter

Suka film Harry Potter? Tidak ada salahnya untuk mencoba font keren yang satu ini. Style font juga sangat mirip dengan tulisan pada film dan novelnya.

  • Format font : TTF
  • Author : Phoenix Fonts

Old London

Kalau kamu ingin membuat desain klasik dan retro, mungkin kamu bisa menggunakan Old London. Font yang mirip font Algerian ini benar-benar terlihat klasik.

Selain itu, unsur gothic ala ala London zaman dulu juga bisa dirasakan melalui font ini.

  • Format font : TTF
  • Author : Brian

Luna

Font ini memiliki kesan yang sangat enjoy dan santai. Bentuk font yang digunakan juga modern dan cocok untuk anak muda.

Luna bisa kamu jadikan bahan untuk membuat desain illustrator, quotes, kutipan motivasi, atau postingan di media sosial seperti Instagram.

  • Format font : TTF
  • Author : Leeson

Optimus Princeps

Optimus Princeps adalah font yang elegan dengan kaki-kaki di tiap sudutnya. Ketebalan fontnya sedang dan model penulisannya kapital semua (uppercase).

Dilihat dari bentuknya, font ini mungkin termasuk font serif. Tapi ini serif yang lebih modern, elegan dan lebih luwes.

Font ini bisa kamu gunakan untuk membuat desain logo, keperluan branding, atau sampul buku.

  • Format font : TTF
  • Author : Manfred Klein

Transformers

Font yang diadaptasi dari film bernama Transformers. Sebuah cerita yang berfokus pada konflik abadi antara Autobots dan Decepticons, kekuatan alien baru melawan Bumi.

Bagi yang suka sama Transformers, mungkin bisa dicoba font yang satu ini.

  • Format font : TTF
  • Author : Alphabet & Type
  • Font asli : film Michael Bay

Font Desain Grafis Gratis untuk Penggunaan Pribadi

Font Desain Grafis Berbayar

Baca juga: Inilah Perbedaan Font OTF dan TTF yang Perlu Kamu Ketahui!

Itulah kumpulan font untuk desain grafis baik yang gratis maupun berbayar. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat berbagai hal seperti desain logo, feed Instagram, quotes, kutipan, undangan, desain kaos, dan yang lainnya.

Meski ada font gratis yang keren, tapi mayoritas tetap masih kalah kualitasnya dibandingkan dengan yang berbayar. Selain itu, font berbayar juga sudah bebas digunakan untuk keperluan komersial sehingga kita hati lebih tenang karena tidak akan melanggar hak cipta.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *