Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Reset Laptop Acer

3 min read

Cara Reset Laptop Acer

Cara Reset Laptop Acer

Lagi cari cara reset laptop Acer yang benar tanpa kehilangan data-data? Reset biasanya dilakukan ketika komputer atau laptop kita mulai menunjukkan masalah seperti error, menumpuknya virus, lemot, hang, sering mati tiba-tiba dan permasalahan lainnya. Pengguna akan mencoba mereset terlebih dahulu sebelum ke jasa service.

Reset laptop secara umum bertujuan untuk mengembalikan pengaturan perangkat ke setelan pabrik. Itu artinya Kamu akan kehilangan semua data-data yang tersimpan di hardisk internal beserta aplikasi-aplikasi yang terinstal. Oleh karenanya Kamu perlu melakukan back up data-data terlebih dahulu sebelum reset.

Cara reset laptop Acer maupun tipe perangkat lainnya sebenarnya tidak jauh beda. Biasanya perbedaan terletak dari tombol yang digunakan untuk masuk ke sistem, seperti F2, F8, F11 maupun kombinasi tombol lainnya. Nah, dalam pembahasan kali ini Saya akan fokus untuk memberikan tutorial cara reset pada laptop dengan merk Acer.

Bagi kalian yang sedang mendapatkan masalah di laptop Acer bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk meresetnya. Fyi, reset sangat membantu mengatasi masalah pada komputer seperti infeksi virus, lemot, sering mati mendadak dan sejenisnya. Jadi, langsung saja yuk simak selengkapnya berikut ini.

Persiapan Sebelum Mereset Laptop Acer

Sebelum menggunakan cara reset laptop Acer, pastikan Kamu sudah melakukan beberapa persiapan agar tidak kehilangan data setelah proses mereset. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan yakni:

  1. Backup File Data Penting

Cara melakukan backup data-data penting saat ini semakin mudah. Selain menggunakan media penyimpanan eksternal seperti hardisk, DVD maupun flashdisk, Kamu juga bisa memanfaatkan cloud storage (penyimpanan awan). Dengan mencadangkan data-data penting maka Kamu tidak perlu mengkhawatirkan kehilangan data setelah proses reset selesai.

  1. Backup Aplikasi

Jika kalian memilih aplikasi atau software berlisensi, maka pastikan juga sudah mencadangkannya. Untuk mencadangkannya lebih disarankan per software memakai DVD  agar lebih aman. Namun sebagian besar pengguna biasanya sudah memiliki DVD instalasi software original, jadi jika memang sudah punya tidak perlu mencadangkannya kembali.

  1. Lepas SD Card (Kartu Memori)

Lepaskan SD Card atau memori eksternal yang ada di laptop Kamu sebelum mereset. Tindakan ini mungkin tidak wajib, namun demi menjaga keamanan data-data sebaiknya lepaskan dulu memori eksternal tersebut. Lantaran dikhawatirkan reset akan mempengaruhi data yang tersimpan di memori.

  1. Pastikan Full Charge

Agar proses reset berjalan lancar, pastikan daya baterai di laptop sudah terisi penuh. Biasanya proses reset akan memakan waktu beberapa lama tergantung dari banyak data-data yang tersimpan di dalamnya. Makin tua umur perangkat maka proses resetnya akan semakin lama.

Tutorial Cara Reset Laptop Acer

Setelah melakukan persiapan-persiapan di atas, Kamu bisa mulai mengikuti cara reset laptop Acer berikut ini:

  1. Tekan tombol power di laptop kurang lebih 5 detik untuk mematikan perangkat.
  2. Selanjutnya tekan kembali tombol power untuk menyalakan perangkat. Sebelum masuk ke Windows, tekan tombol Alt + F10 di keyboard untuk membuka tampilan booting. Jika berhasil masuk maka Kamu akan melihat beberapa pilihan bertuliskan Choose an option.
  3. Klik pada pilihan Troubleshoot.
  4. Setelah itu klik opsi Reset your PC. Pada proses ini akan menghapus semua data-data di sistem laptop Acer Kamu. Namun Kamu juga bisa memilih opsi Choose the Refresh your PC untuk mereset sistem dengan tetap mempertahankan data-data. Saya lebih menyarankan untuk mereset secara full jika tujuannya ingin mengembalikan performa perangkat.
  5. Klik tombol Next untuk memulai proses, lalu pilih opsi Just remove my files.
  6. Terakhir klik Reset, sampai di langkah ini Kamu sudah menyelesaikan cara reset laptop Acer.

Mudah sekali bukan cara mereset perangkat di laptop merk Acer? Oh iya, sebagai catatan jika Kamu tidak bisa masuk ke boot menggunakan tombol Alt + F10, maka cobalah tombol lainnya. Atau cari tahu terlebih dahulu tipe komputer kalian menggunakan shortcut tombol yang mana untuk masuk ke boot.

Alternatif Lainnya Cara Mereset Laptop Merk Acer

Selain menggunakan cara reset laptop Acer di atas, Kamu juga bisa memakai alternatif cara lainnya dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau settings di perangkat Kamu. Caranya dengan klik Start menu yang ada di bawah layar bagian pojok kiri. Kemudian klik icon gear settings untuk membuka menu pengaturan.
  2. Setelah masuk ke menu settings, klik opsi Update & Security dari beberapa pilihan yang ada. Fyi, Kamu juga bisa langsung masuk ke opsi tersebut dengan cara mengetik Update & Security melalui kolom pencarian di Start Menu.
  3. Perhatikan di panel sebelah kiri, pilih opsi Recovery dan klik Get Started yang ada di bagian sebelah kanan .
  4. Pada tampilan berikutnya Kamu akan melihat beberapa pilihan tindakan. Kamu bisa memilih Keep my Files jika tetap ingin mempertahankan data-data file di perangkat. Atau bisa memilih Remove Everything untuk menghapus semua data-data secara tuntas. Klik salah satu dari kedua opsi tersebut.
  5. Jika sudah memilih, selanjutkan klik Next untuk melanjutkan proses reset sesuai dengan tindakan yang diinginkan pada langkah sebelumnya.
  6. Terakhir klik tombol Reset. Proses reset ini memerlukan waktu beberapa saat dimana biasanya tergantung banyak tidaknya data yang tersimpan di perangkat. Beberapa komputer yang sudah berumur akan membutuhkan waktu reset mencapai satu sampai dua jam, jadi pastikan daya baterai mencukupi.

Manfaat Melakukan Reset di Laptop atau Komputer

Sebagian besar alasan pengguna melakukan cara reset laptop Acer di atas karena mengalami masalah atau kendala pada perangkat mereka. Namun beberapa pengguna juga melakukannya untuk sekedar membersihkan data-data di perangkat sekaligus mengembalikan ke setelan pabrik agar perangkat tampak seperti saat masih baru.

Dengan melakukan reset komputer atau laptop ternyata memiliki beberapa manfaat yaitu membasmi Virus. Laptop yang sudah digunakan dalam waktu lama tidak menutup kemungkinan sudah terinfeksi berbagai jenis virus. Sekalipun ada jenis virus yang tidak berbahaya, tetap saja keberadaannya sangat meresahkan. Sehingga solusi untuk membasinya secara tuntas Kamu bisa melakukan reset dengan langkah-langkah seperti sudah Saya jelaskan di atas.

Menghapus File-file Sampah, semakin sering laptop digunakan juga akan menyebabkan penumpukan file-file sampah di dalamnya. File yang tidak berguna tersebut cukup memakan banyak tempat di memori sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan yang seharusnya bisa digunakan untuk lainnya.

Meningkatkan Kinerja Perangkat, apakah laptop Kamu mulai berjalan sangat lambat alias lemot? Masalah yang satu ini sepertinya sudah dialami oleh sebagian besar pengguna laptop. Problem laptop yang lemot bisa diatasi dengan melakukan reset. Karena biasanya laptop lambat disebabkan oleh virus, file-file sampah dan eror lainnya yang dapat diatasi dengan mereset.

Oh iya, dengan melakukan reset juga berfungsi untuk menghapus aplikasi-aplikasi tidak berguna lho. Biasanya karena tidak sengaja terinstal dan menyebabkan kinerja RAM jadi semakin terbebani. Maka dari itu, dengan cara reset laptop Acer di atas semoga dapat membantu kamu yang mengalami masalah pada perangkat.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *