Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Mengatasi Laptop Hang

3 min read

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Laptop merupakan perangkat penting dalam bekerja dan belajar. Hal ini juga didukung dengan teknologi yang semakin maju sehingga akan selalu dibutuhkan.

Agar dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat maka laptop harus rawat dan digunakan dengan baik. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami laptop hang dan bingung cara mengatasinya.

Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tempat servis karena kami akan membagikan cara mengatasi laptop hang yang bisa AnCara Mudah Atasi Laptop Hang

Laptop yang sering digunakan tanpa diimbangi dengan pemakaian yang baik biasanya akan mengalami beberapa permasalahan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Hang Ketika Dinyalakan (Starting)

Permasalahan laptop hang pada saat baru dinyalakan biasanya ditandai dengan tampilan layar hitam sehingga tidak dapat masuk ke windows.

Cara pertama yang bisa anda coba yaitu dengan scan menggunakan antivirus atau CCleaner.

Hal ini bisa disebabkan karena virus yang terdapat pada komputer yang membuat kerusakan data, corrupt atau missing file.

Anda juga dapat menggunakan cara kedua yaitu membersihkan kipas pada laptop serta RAM.

Alat sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan RAM  yaitu kuas, penghapus karet atau vacuum cleaner.

Bagi Anda yang ragu melakukan ini sendiri maka Anda dapat membawa laptop Anda ke tempat servis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mengatasi laptop hang pada saat starting yang ketiga yaitu dengan melakukan analisis terlebih dahulu.

Kemungkinan permasalahan tersebut terjadi pada motherboard yang merupakan bagian terpenting pada sebuah laptop.

Jika Anda kurang terlalu memahami ini dan ingin memperbaikinya sendiri maka konsultasikan atau tanyakan kepada mereka yang mengerti ahli dalam hal komputer.

Cara Mengatasi Laptop Hang Waktu Main Game

Langkah pertama agar laptop tidak hang ketika digunakan untuk main game yaitu install game yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Jika aplikasi game tersebut terlalu berat maka hal ini juga memperberat kerja laptop Anda. Langkah kedua Anda dapat memberikan kipas tambahan untuk menghindari overheating.

Hal ini dikarenakan Anda akan menggunakan dalam waktu yang cukup lama dan kinerja dapur pacu juga semakin berat pula.

Kondisi yang demikianlah yang membuat laptop mudah hang ketika digunakan main game terus menerus.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Jika Anda kerap mendapati laptop Anda not responding tentu ini merupakan hal yang mengganggu.

Biasanya jika terjadi kondisi seperti ini orang-orang akan mematikan secara paksa dengan melepas baterai atau menekan tombol power.

Cara yang bisa Anda gunakan jika menemukan permasalah ini yaitu cukup dengan tekan ctrl + shift + esc pada keyboard secara bersamaan. Lalu akan muncul pilihan dan pilih end task.

Alternatif kedua yang bisa Anda lakukan yaitu menekan ctrl + alt + del dan pilih opsi yang Anda inginkan seperti merestart atau mematikan laptop tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Booting

Jika hal ini terjadi pada laptop Anda ketika menyalakan laptop maka segera restart untuk masuk ke mode BIOS.

Umumnya, kode ini harus sesuai dengan merek laptop yang Anda miliki.

Selanjutnya, klik Advance BIOS Feature untuk menemukan pilihan BIOS cache.

Disable BIOS cache tersebut lalu tekan tombol f10 untuk menyimpannya dan enter.

Dengan cara tersebut laptop Anda sudah dapat menyala dengan normal.

Faktor Umum Penyebab Laptop Hang

Berikut merupakan beberapa faktor yang kerap menjadi penyebab laptop hang.

Virus Pada Laptop

Virus merupakan ancaman bagi setiap perangkat lunak karena selain dapat menghilangkan data juga dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu, jika laptop tersebut terdapat banyak virus juga dapat memperlambat kinerja laptop tersebut.

Agar laptop terhindar dari virus maka gunakan safe mode dan lengkapi dengan antivirus yang dapat melindungi laptop Anda.

Memory

Setiap laptop memiliki kapasitas RAM yang berbeda.

Jika kapasitas RAM yang dimiliki laptop kecil maka jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang terlalu banyak dan berat.

Untuk mengatasi masalah kekurangan memori Anda dapat meng-upgrade-nya.

Anda dapat meng-upgrade RAM tersebut menjadi 1GB jika laptop Anda setara Intel Pentium 4.

Penambahan memori ini juga dapat membuat laptop tidak terlalu lemot.

Hardware Overheat

Overheat yang terjadi pada hardware dapat menyebabkan laptop tersebut hang, restart dengan sendirinya dan sangat lambat atau bahkan macet.

Komponen yang kerap mengalami overheat adalah processor, hardisk atau VGA card. Rajinlah membersihkan debu agar kipas angin yang terdapat pada laptop dapat bekerja dengan baik.

Dengan demikian, maka dapat mengurangi resiko overheating. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara dalam CPU atau processor.

Terlalu Banyak Security Program

Menginstal security program memang baik karena dapat melindungi laptop dari virus. Hal yang menjadi masalah adalah jika terdapat terlalu banyak security program dalam laptop Anda.

Anda hanya perlu menginstall 1 atau 2 antivirus untuk proteksi laptop Anda. Jika Anda terlalu berlebihan menginstall program tersebut justru akan membuat laptop lambat dan mudah hang ketika digunakan.

Masalah Konektivitas Jaringan

Tingginya traffic jaringan yang berlangsung pada laptop dapat menjadi salah satu penyebab laptop mudah hang. Hal ini merupakan cara virus berpindah atau masuk ke laptop Anda.

Agar Anda dapat memantau semua data yang keluar  dan masuk laptop  Anda maka gunakan port scanner.

System File Corrupt Atau Hilang

Jika laptop atau komputer Anda sering mengalami hang atau kinerjanya lambat bisa juga disebabkan karena terdapat sistem file yang korup atau hilang.

Sistem file tersebut mengalami kerusakan yang disebabkan oleh virus atau tidak sengaja terhapus sehingga tidak lengkap lagi.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah karena dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem operasi yang digunakan di laptop tersebut.

Temporary File Yang Tidak Dihapus

Hal yang seringkali tidak disadari yang dapat memperlambat kinerja komputer atau laptop yaitu keberadaan temporary file. File-file ini jika dibiarkan terus menerus akan semakin menumpuk dan memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh sebab, itu lakukan pembersihan secara rutin agar beban pada laptop berkurang sehingga laptop pun dapat bekerja dengan baik.

Harddisk

Setiap laptop tentu memiliki harddisk yang berfungsi sebagai memori penyimpanan. Harddisk yang penuh dengan data juga dapat memperlambat laptop sehingga mudah hang ketika digunakan.

Masalah lain yang dapat ditimbulkan oleh harddisk yaitu jika kondisinya sudah sangat lama karena berpengaruh pula terhadap rpm-nya.

Jika harddisk yang terdapat pada laptop mengalami kerusakan atau error maka juga dapat mempengaruhi kinerja laptop tersebut. Untuk mencegah beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada harddisk maka buang file-file yang tidak lagi diperlukan.

Selain itu, segeralah mengganti harddisk yang sudah rusak agar tidak mengganggu laptop Anda.

Demikian cara-cara mengatasi laptop hang yang dapat Anda lakukan sendiri sebelum memutuskan membawanya ke teknisi. Selain itu, dengan mengetahui beberapa faktor penyebab laptop hang dapat membuat Anda lebih paham dalam merawat dan menggunakan laptop.

Meta deskripsi: Simak cara mengatasi laptop hang agar tidak panik jika laptop tiba-tiba hang. Kenali faktor penyebab laptop hang agar dapat merawat dan menggunakannya dengan baik.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *