Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

3 min read

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Setelah beberapa waktu menggunakan layanannya, mungkin saja ada beberapa poin membuat kamu memutuskan mencari cara berhenti berlangganan indihome. Tentu saja kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya berbagai alasan yang mungkin saja berbeda pada masing-masing orang. Jadi sebelum melakukannya kamu juga perlu mempertimbangkannya secara tepat.

Telkom memberikan fasilitas untuk bisa menghentikan langganan dengan layanan indihome agar lebih mudah dilakukan. Tentu saja ada beberapa hal yang masih harus diperhatikan dengan baik sebelum stop berlangganan. Dengan begitu nantinya kamu bisa mempercepat prosesnya dan tidak berbelit-belit dalam pengurusannya.

Apalagi saat ini sudah ada banyak fasilitas online bisa dimanfaatkan sebagai cara berhenti berlangganan indihome. Sehingga kamu tidak harus repot datang langsung ke plaza telkom dan melakukan proses menghentikan berlangganan. Ini adalah solusi yang paling nyaman serta menguntungkan terutama untuk orang sibuk atau ingin langkah lebih praktis.

 

Persyaratan Dipersiapkan Saat Stop Berlangganan

 

Sebelum kamu mengaplikasikan cara berhenti berlangganan indihome maka ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan dengan baik. Hal tersebut tentunya bisa membantu dalam lebih memudahkan proses berhenti langganan layanan tersebut. Terdapat sedikit persyaratan berbeda jika layanan ini digunakan secara pribadi di rumah atau untuk kebutuhan perusahaan.

 

Tentunya kamu perlu mempersiapkan KTP asli dari pemohon atau atas nama yang digunakan saat pendaftaran indihome. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan ONT atau modem indihome dan STB yang tentunya kamu miliki sejak awal proses pendaftaran menggunakan layanan jaringan internet ini.

 

Persyaratan lainnya adalah kamu harus melakukan penyelesaian terhadap pembayaran bulan berjalan. Selain itu, perlu juga membayar uang titipan atau UTIP dengan jumlah nanti akan dihitung ketika sedang mengajukan proses stop berlangganan. Jadi salah satu cara berhenti berlangganan indihome juga mempersiapkan dana khusus untuk stop menggunakan jaringan internet tersebut.

 

Sementara ketika layanan ini digunakan untuk perusahaan maka terdapat tambahan surat kusa berhenti berlangganan yang dilengkapi materai dan bisa ditambahkan KOP surat perusahaan jika ada. Berbagai syarat ini harus dipenuhi dengan baik sehingga nantinya kamu dapat menyelesaikan proses stop berlangganan secara lebih cepat.

 

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Secara Langsung

 

Memilih datang langsung ke plaza telkom untuk stop berlangganan indihome memang bisa jadi pilihan tepat bagi beberapa orang. Tentu saja nantinya harus datang dengan membawa KTP dan berbagai peralatan yang sudah dipinjamkan oleh pihak indihome saat awal melakukan proses pendaftaran serta pemasangan jaringan internet di rumah masing-masing.

 

Selanjutnya dalam cara berhenti berlangganan indihome maka kamu akan diminta untuk mengambil nomor antrian dan menunggu beberapa saat. Setelah dipanggil ada formulir identitas diri yang harus diisi juga menjelaskan alasan berhenti berlangganan layanan internet ini secara jelas di dalamnya.

 

Formulir tersebut akan digandakan, diberi materai, kemudian harus juga ditanda tangani. Proses selanjutnya kamu harus datang ke loket untuk melakukan pembayaran atau pelunasan layanan sebelumnya. Tentu saja jumlahnya bisa berbeda-beda satu sama lain karena paket yang diambil juga berbeda di awalnya.

 

Setelah semua proses ini selesai dilakukan maka petugas akan membantu kamu untuk bisa berhenti dari layanan secara tepat. Tentunya memang butuh menunggu sebentar sampai prosesnya diselesaikan. Mendatangi petugas secara langsung memang membuat proses dan bantuannya cukup cepat, hanya saja memang harus bersabar untuk menunggu antrian di sana.

 

Ketika datang ke sana kamu bisa sekaligus melakukan konfirmasi terhadap berbagai hal penting seperti jaringan telepon dan lainnya. Sehingga nantinya kamu bisa melakukan pertimbangan lebih dalam lagi sebelum memutuskan mendaftar dan instalasi di rumah masing-masing untuk jaringan internet satu ini.

 

Layanan Online Sebagai Bantuan Berhenti Langganan

 

Jika ingin cara lebih praktis, tentunya kamu bisa memanfaatkan layanan online yang juga sudah disediakan oleh pihak telkom dan indihome. Dengan begitu kamu tidak perlu antri dan bisa melakukan proses tersebut kapanpun dan di manapun. Ada beberapa media sosial yang bisa dimanfaatkan seperti twitter dan facebook. Kamu juga bisa mengirimkan email untuk berhenti berlangganan.

 

Cara berhenti berlangganan indihome melalui media sosial adalah masuk ke akun resmi dari indihome dan kirimkan pesan untuk berhenti menggunakan layanannya. Tunggu sampai pihak CS memberikan balasan pada pesan kamu. Selanjutnya kamu harus mempersiapkan scan KTP untuk validasi karena nantinya pasti akan diminta untuk menyelesaikan proses selanjutnya.

 

Nantinya akan dibantu melakukan perhitungan tagihan untuk pelunasan layanan sebelumnya termasuk juga uang titipan. Kamu juga harus mengikuti prosedur khusus dalam melakukan pengembalian modem dan STB. Tidak perlu bingung karena informasi ini akan disampaikan oleh pihak CS nantinya.

 

Begitu juga jika kamu memilih menggunakan cara berhenti berlangganan indihome melalui email. Tentu harus mengirim pesan terlebih dahulu dan nantinya CS akan membantu mengarahkan apa saja langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk bisa berhenti berlangganan sepenuhnya dari indihome. Lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan dari rumah tentunya.

 

Adanya media sosial yang bisa dimanfaatkan ini tentu saja memberikan segala kemudahan. Apalagi untuk kamu memang ingin lebih praktis dan sudah terbiasa menggunakan berbagai macam sosial media tersebut. Jadi akan lebih mudah dalam melakukan proses berhenti berlangganan dari layanan indihome yang selama ini sudah digunakan. Prosesnya tidak akan terlalu lama asalkan kamu sudah mengikuti semua prosedurnya dengan baik dan menyelesaikan semua tagihan yang masih ada dari bulan sebelumnya.

 

Alasan Memutuskan Berhenti dari Layanan Indihome

 

Untuk sementara waktu ini jika kamu menggunakan aplikasi MyIndiHome memang masih belum bisa untuk berhenti berlangganan. Nantinya akan tetap diarahkan untuk datang ke plaza telkom atau melakukan cara berhenti berlangganan indihome lainnya. Namun sebelum melakukannya tentu harus ada pertimbangan mengapa kamu memilih berhenti karena hal ini biasanya juga akan ditanyakan.

 

Ada beberapa pelanggan yang merasa bahwa terjadinya gangguan fiber optic sangat mengganggu. Jaringannya sering mati apalagi saat sedang hujan sehingga hal ini juga membuat penggunaan sesuai kebutuhan sehari-hari jadi terganggu. Meskipun memang ada beberapa hal lain juga bisa memengaruhi kondisi tersebut apalagi masing-masing lokasi bisa berbeda keadaannya.

 

Sementara pelanggan lainnya merasa khawatir jika jaringan teleponnya ikut diputus ketika sudah berhenti berlangganan indihome nantinya. Padahal jaringan tersebut masih dibutuhkan untuk kepentingan tertentu. Oleh karena itu, informasi ini memang perlu untuk kamu konfirmasi sejak awal pendaftaran agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman nantinya setelah sudah mulai menggunakan layanan.

 

Setiap penggunaan tentu memungkinkan adanya kesalahan atau masalah di kemudian hari. Namun pastinya ada solusi yang bisa dilakukan agar tidak sampai menimbulkan kerugian lebih besar. Jadi komunikasikan segala pertanyaan dan kendala yang ada pada pihak indihome agar dapat menemukan solusi terbaik sebagai jalan tengahnya.

Pastinya keputusan untuk berhenti berlangganan sepenuhnya ada di tangan kamu sebagai pengguna. Sehingga tidak perlu bingung asalkan memang sudah ada alasan jelas mengapa kamu memilih berhenti. Dengan begitu nantinya tinggal mengikuti semua cara berhenti berlangganan indihome dan prosedur yang berlaku sebaik mungkin agar prosesnya lebih optimal.

Asrur Rifa Lulusan Teknik Komputer Jaringan. Suka gadget, internet, & dunia digital. Lebih mesra di Tentang Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *